Friday, 19 February 2016

Ku Tunggu Dirimu di Pulau Sempu


Sabtu, 30 Januari 2016
Pagi itu terasa dingin dingin sejuk gimanaa gitu. Buat orang jadi males bangkit dari tempat tidur. Bawaannya pengen melukin guling sambil tetep slimutan. Maklumlah sabtu di UM itu libur dan jadwal sholatku juga libur, intinya ada kesempatan tidur lebih panjaang. Ooh MY GOD ada janji! Hari ini ke Pulau Sempuu...!! dengan rasa agak sikit malas ku tengoklah jam dinding sudah menunjukkan sekitar pukul 6.30 am. Huaaa......!! padahal kami janjian ngumpul bareng di asrama pukul 07.00. Gini nih akibat semalem nonton film sampe sekitar pukul 3 am. Rasanya pengen kapok aja.

07.13 am kami, aku, Qoyyim dan Naf’an meluncur ke asrama. Sesampainya di asrama ternyata para lelaki itu baru bangun tiduur! Kampret gak?! Astaghfirullaahhh.......!! janjian jam berapa bangun jam berapa?? Paling sebel tuh kalo ngajakin janjian sama lelaki tapi telat begini.

Daripada nungguin mereka sambil bengong mending main criminal case. Dari misi di criminal caseku belum selesai sampe energi sudah habis mereka belum selesai siap-siap juga.  Duuh.. para lelaki ini siap-siapnya lamaa banget...!! kenapa siih kok lama banget? Mandinya pake lulur kah? Bedakan berapa cm sih?? Dari abad keberapa perempuan rela nunggu lelaki begini?! Ckckckk.



Dasar so’uzon.....!! waktu aku lihat pake mata kakiku sendiri, ehh mata hatiku, eehh mata batinku, eehhhhhh!! Mata kepalaku, ternyata mereka sedang menyiapkan segala keperluan kami disana, mulai dari makan, minum, tenda dan lain sebagainya. Kami para perempuan cantik?! Memantau sajalah. Repot ya jadi lelaki?! Kalo gak mau repot ya jangan jadi lelaki. Hahahahaaaaa.......

Enggak kok. Sebenernya aku sudah pura-pura menawarkan jasa mau bantuin. Tapi, jawabannya kurang lebih begini.......

“TUGASMU CUMA BERNAFAS AJA, SISANYA AKU YANG NGURUS”

Udah jelaskan?? Yaudahlah, aku juga males maksa. Ntar dianggap agresif lagi, ngaco.

Setelah selesai mempersiapkan semuanya, kami mengisi energi di warung sederhana di gang samping UNISMA.

Pulau Sempuuu...........!! Tungguu akuu............!!
Perjalanan dari Malang ke pantai selatan kurang lebih sekitar 2 jam. Pulau Sempu itu pulau dideket Pantai Sendang Biru. Disekitar Sempu ada banyak pantai yaitu Goa cina, Sendang Biru, Tiga Warna, daann... masiihh banyak lagi.

Pantai Sendang Biru

Biaya memasuki Pulau Sempu antara Rp 20.000-25.000/orang. Kemudian kami berkumpul untuk meminta izin berkemah dan diberi pengarahan kepada petugas setempat. Bawasanya Pulau Sempu bukan tempat rekreasi tetapi cagar alam. Kita semua harus menjaga lingkungan. Seorang bapak-bapak juga menceritakan kejadian mistis. Masa iya ada orang lagi sholat kerasukan?! Ya, mungkin saja sholatnya kurang khusyuk.

Selesai yang lain sholat lalu aku ngecek muka, mau pake sun block tapi.. tapii... astagfirullahhh.....!! seperangkat alat make up ketinggalaann....!! lemes seketika. Duh! Lebhay!! Pencitraan bangeet. Biasanya juga pake bedak aja males.

Okee lanjut...!! kami segera bergegas menuju Pulau Sempu pake perahu. Soalnya mau berenang takut bedak terakhirnya luntur. Enggak kok. Tarifnya Rp. 150.000/perahu. Seperahu bisa dimuatin 10-12 orang. Lama penyebrangan dari Pantai Sendang Biru ke Pulau Sempu sekitar 15 menit. Perjalanan menuju segara anakan sejauh 2 km. Lama perjalanan kurang rebih 1 jam. Bisa lebih lambat, karena medan perjalannya lumayan susah, apalagi kalo ujan becek ga da ojek pula. Edeww....!!

Menuju Pulau Sempu

Kami nyewa bapak-bapak seharga Rp. 150.000. Biarpun sudah bapak bapak usianya sekitar 40-an tahun tapi tenaganya ituloh josh gandhooss!! Gila.. jalannya cepet banget....!! padahal itu medannya sedang gak bagus, alias becek. Saking beceknya nih, baru juga menapak di Pulau Sempu sendalku....
PUTUUSS..........!!
PU....TUUS...........!!
TUS.....TUS....TUS.............!!
Putus sandalku... putus juga harapanku padamu... halah lebhaayy.......!!
Semenjak aku putus. Eehhmm sendalku maksudnya.. mereka temen-temenku pada nawarin sendalnya.. yaa.. akuu.. akuu.. tolaklah..  masa move on secepat itu. Kami saling kekeuh mereka nawarin aku nolakin. Gilaa bahasanya kayak apa aja. Cuman sendal woy! Drama banget!!

Qoyyim langsung lepas sendalnya, terus dipakein ke aku. Kalo udah begini nih aku gak bisa nolak. Terus Lintang ngasih sandalnya ke Qoyyim. Aku terharuu... !!
Temen-temen yang lain pada bilang, “Ini sebenernya yang mana sih adeknya?” Aku cuman bisa diam, tersipu malu. Sebenernya jalan tanpa alas kaki itu gak masalah buatku. Beneran deh. Tapii..... malunya ituloh... gak juga sih.. emangnya aku punya malu?!

Duuhh......!! bener-bener deh bapaknya ini. Masa jadi guide jalannya cepet banget...!! kayak pengen ninggalin kami gitu.
“Bapaaakk......!! jangan tinggalkan anakmu paakk......!!” teriakku tanpa tau malu.
Bapaknya berhenti sejenak, lalu nawarin bawain air minumku 2 botol berisi 1,500 ml. Ya aku kesenengan lah! Padahal juga sebenernya tadi ada yang nawarin. Tapi aku gak enak, bawaan mereka juga sudah berat gitu.

Selama perjalanan aku berusaha jalan dibelakang bapaknya. Biar bisa terus ngajakin ngobrol. Biasanya kan kalo orang ngobrol jalannya jadi lebih lamban. Yaa.. sekalian juga sih aku menggali informasi. Sesekali juga aku liat kebelakang, kalo sekiranya jarak rombongan agak jauh tak segan aku teriak.
“Tunggu sebentar paakk...!! saudaraku terpisaahh.......!!” lalu kami sepakat berhenti sejenak.

Apapun aku tanyakan ke bapaknya. Mulai dari pohon yang tumbuh sampai hewan yang hidup di Pulau Sempu. Pendapatan bapaknya juga tak luput dari introgasiku kali ini. Lancang banget ya kalo dipikir? Ternyata sehari bapaknya bisa 3-4 kali bolak balik ke Pulau Sempu. Sekali berangkat Rp. 150.000, bisa juga ditemenin nginep. Kalo nginep bayar Rp. 250.000,-

Lagi asyik ngobrol, tetiba botol air mineral yang dibawain bapaknya jatuh ke laut. Bapaknya langsung berusaha ngambil itu botol yang agak menjauh terseret ombak.
“Udah, gak papa pak gak usah diambil.” Aku sudah merayu bapaknya untuk mengikhlaskan sebotol air minum yang terjun bebas ke laut. Tapi lelagi bapaknya memaksakan mengambilnya dengan susah payah. Memegang pepohonan dan menginjak bebatuan yang tajam. Liatnya aja aku sudah ngeri, untungnya tuh botol bisa diambil.

“Duuh...!! makasih ya paakk...!! bapak baiikk bangett dehh....!!” Pujiku malu-malu menggebu.

Sesampai segara anakan kami, oh lebih tepatnya para lelaki langsung mendirikan tenda dan masak. Masak juga tugas lelaki. Oh, kak Andi maksudnya. Lho.. yang perempuan?! Ya bantuin lah.. bantuin ngeliatin. Huahahahaa.....!!

Enggak kok, yang perempuan bantuin potong-potong bahan dan jagain kamu biar gak mati. Kok kamu?! Oh iya, api sih maksudnya. Jadi kak Andi masak, aku, Naf’an, Qoyyim dan kak Oji ngebantuin, gitu. Sisanya?! Dede, Bobby, Bintang dan Ari mereka asyik berenang. Terus kak Oji ngerjain mereka. Ngajakin makan, padahal yang dimasak juga belum mateng. Eh, beneran mereka ketipu. Kayaknya mereka beneran laper deh makanya gampang ditipu. Huahahahaaa......!!

Siapa juga yang gak pengen berenang ditempat yang yahuut beginihh......?!

Masakan kami memang sangat sederhana nasi, pregedel jagung, sop, tempe, sambel trasi dan taburan pilus tapi kalo dimakan bareng rasanya enak loh. Iya, kebersamaan itu seru gaeess.....!!

Seusai makan Qoyyim ngajak berenang. Awalnya aku gak mau. Ntar tidur dalam keadaan lengket. Tapi karena kebelet pipis akhirnya aku mau juga berenang, daripada harus ngelepas celana mending nyemplung sebadan badannya. Hari mulai gelap, lelakinya tanpa diminta ngejagain kami waktu berenang. Masa jauh dikit udah di teriak teriakin. Persis bapak yang takut kehilangan anaknyahahahaa.

Padahal aku niatnya menjauh itu pengeenn... pipis.. masa iya udah ditemenin aku pipisin air dideket mereka. Akukan gak mau terkesan jahat, meskipun kenyataanya memang begitu. Eehh..

BTW ini pertama kali aku berenang di pantai memalem. Airnya biasa aja gak dingin juga gak hangat, airnya juga tenang. Hemm... jadi betah lama-lama. Selama berenang kami dilarang berisik. Waktu ku tanya kenapa?! Kak Andi gak mau kasih tau. Jadi aku juga gak mau dikasih tau. Paling gak suka dilarang tanpa alasan yang jelas.

Selesai berenang kita bekesahan. Tentang pengalaman mendaki dari berbagai daerah yang dialami kak Oji, Dede dan Andi. Paling inget waktu kak Oji dan Dede cerita ada temennya mendaki pake kaos tangan yang gak standart untuk mendaki. Waktu disuruh ganti pake sarung tangan yang lain gak mau, alasannya tuh sarung tangan dari pacarnya. Yassaalaamm......!! pengen ngakak dengernya. Ada lagi yang mendaki ngelewatin jalanan curam bangeett...!! ekstrim bayangin ceritanya. Kalo Pengalamannya kak Andi tragis! Hampir mati kedingin di gunung. Gegara waktu grimis gak segera pake jas hujan sedangkan pakaian yang dibawa gak dibungkus plastik. Jadi, sudah kedinginan bajunya pada basah juga. Terus ditambah lagi beberapa temen tetep pengen melanjutkan perjalanan. Padahal kondisinya tidak memungkinkan. Oohh... sedih banget dengerin cerita ini.

Ada cerita horror juga dari kak Andi. Katanya di gunung Arjuno ya namanya kalo gak salah. Disitu ada yang namanya pasar setan. Ada orang memalem beli jaket di pasar situ. Ternyata waktu di cek paginya disitu gak ada bekas pasar sama sekali, bersih. Terus uang kembaliannya jadi daun tapi jaketnya masih ada.

Specialnya nih yang cerita horror di Pulau Sempu. Dulu kak Andi dkk main ke Pulau Sempu, rencananya sih PP jadi gak bawa banyak persiapan. Tapi entah kenapa mereka tersesat di Pulau Sempu. Mereka berusaha nyari sinyal untuk meminta pertolongan. Tapi mereka tak kunjung ditemuin, akhirnya percaya gak percaya mereka disuruh balik bajunya. Daann ternyataa... lokasi pencariannya gak jauh dari si pencarii... pencari cinta sejati iihh ini apa-apaan jadi gak nyambung. Aahh... pokoknya seru banget! Asyik-asyik cerita datanglah seorang bapak-bapak. Pembahasan jadi kurang seru. Akhirnya aku memutuskan untuk tiduurr...!!
Nantikan episode duanya yaa........!! heheheee

63 comments:

  1. Ih celem ya ada pacal cetan
    Atuuut
    .
    Seusai makan Qoyyim ngajak berenang.
    Ini beneran si qoyyim dimkan?
    .
    Si bapak2nya umurnya 40 tahun
    Kalo dia merit umur 20 tahun kemungkinan anaknya 17~19 tahun
    Tanyain juga dong siapa tw bapak2nya punya anak perawan
    Kan mayan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serem, Niki mau dijual di pasar setan??

      Qoyyim itu adekku..

      Anak perawannya udah dijodohkan, jangan dicari lagi

      Delete
  2. pulau sempu keren banget, segara anakannya eksotik
    lagi musim hujan gini pasti becek banget treknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bagus pemandangannya tapi jalannya becek -_#

      Delete
  3. waw pemandangannya keren banget...daerah mana tu mbak?

    ReplyDelete
  4. huwaaahh kalau di liat liat lokasinya keren sih, cuman kalau ane keknya agak serem kalau mau berenang, bukan kenapa-kenapa nanti kalau ane berenang disitu trus, ada siluman buaya dan nyulik ane trus minta dinikahin sama ane, gimana ?? nggak, nggak dah nggak, mending ane nikah sama Jennifer Hanna :3

    eh bohong tuh pasti airnya hangat kan kena pipisnya mba Arum ngohahahaha ane tau kenapa nggak boleh ribut, soalnya bang Andi takut nanti muncul siluman buaya trus nyulik bang Andi :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp, siluman itu biasanya cantiik banget loh.. beneran deh... Hehehe

      Masa iya setelaga hangat gegara pipisku -_#

      Mungkin kali ya.. -_-

      Delete
  5. jgn sudzon dulu makanya sama cowo. toh mereka lagi mempersiapkan buat jalan hhe. habis putus sandal terus gak mau makai sandal lain gara2 kecepatan move on? ahaha ngakak. itu cuman sandal arumm sandalll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kamu bener deh..

      Iya, cuman sendal sih.. namanya juga masih sayang, gimana dong..? *preetdah

      Delete
  6. Tiap main kesini pasti jalan jalan. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong.. Masa mau nyeritain kerjain skripsi?!

      Delete
  7. Aaaaaakkkkk jadi pengen ke sempu rum .. mmm
    Sempu emang istimewa kalo dipake buat nginep, asyik tempatnya.
    Itu bapak2 tour guide nya jantan banget, botol anyut diselametin, khitbah in Rum KHITBAHIIIINNNN !!!

    Yang gunung Arjuno itu gue malah baru tau, asyik jadinya.. lebih murah dari Sardo kayaknya, kapan2 nyobain ahhhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ke sempu sudah..

      Enak kesana bareng temen temen, mempererat tali persahabatan.. hehehe

      Masalahnya mengkhitbah bukan soal nylamatin botol Ka.. ckckk -_#

      Iya, bawa duit yang banyak yaa.. tapi kalo belanja pake uang pas, soalnya kembaliannya ntar jadi daun Hahahaa

      Delete
  8. Anomali ya rum, biasanya cowok yg suka nyepet2in cewek dandan, ini kebalik wkwk

    Wah anak bolang sejati kamu hihi, jalan jalan yrus
    E yg pasar setan arjuno aku pernah baca di novrl apaan gitu lupa,

    Haaa jadi pipisnya sambil berenang wakakaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tuh kak, cowok aneh ckckk

      Jalan kalo ada yang ajakin kak.. Hehehe

      Iya, itu emang ada kak, mungkin di novel mistis atau petualangan kali ya..

      Iya, begitulah.. Hehehe

      Delete
  9. Woooo, mbak arum suudzon woooo :p
    cowok yang baik tuh, emang harusnya sih gitu....
    nyiapin makanan dan kebutuhan lain buat camping seru di pulau sempu...

    ngak digunung, nggak di pantai pasti ada aja pasar setan...
    lama-lama tapi udah bakalan nggak ada pasar setan, udah ganti took online...

    cek IG kita sist...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, emang Uda seharusnya lelaki begitu.. Hehehe

      Loh iya kah? Aku kira cuma di arjuno aja..
      Waduuhh.. serem juga saingan sama setan tokonya..

      Eehh malah ikutan jualan.. -_#

      Delete
  10. Wheheh, Ini baru adventure, kalau ada Like yang jempolnya besar, gw pake itu (Y)

    ReplyDelete
  11. Hahaha baik banget itu pada minjemin sendal. Kalo sendal gue putus biasanya malah diketawain terus dibiarin nyeker sendiri. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah.. jahat banget temennya... ckckk

      Kalo gak bisa bantu setidaknya jangan diketawain..

      Delete
  12. Wew ada pasar setan toh di sana. Kabarnya kalau udh terlanjur masuk tuh jgn sampai nengok ke belakang. Kalau itu dilakuin ntar bs terjebak di dlm situ -_-

    Btw arum kok ngrepotin mulu yah.. Hihi masalah sendal ama air mineral. Btw, berarti baiknya km selalu dikelilingi orang2 yg baik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jangan sampai tengok kebelakang..

      Aku ngerepotin banget ya..?! hiks hiks...

      Alhamdulillah Allah mengirimkan orang yang baik-baik untuk melindungi orang yang ceroboh sepertiku.. :)

      Delete
  13. waww tempatnya bagus-bagus.. kereen.
    eeh itu kesempatan banget yaa, berenang sambil pipis wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Subhanallah.. bagus banget :)

      Iya.. memanfaatkan keadaan sebaik mungkin.. hahaha

      Delete
  14. wow ,,, pulangnya bgus ih ,,,
    aku juga pengen kesitu ,,, :)

    ReplyDelete
  15. Kamu masih nunggu aku di pulau sempu nggak? :D bagus ya tempatnya :3 apalagi kesana bareng temen-temen :D kebersamaan yang indah :))

    Aaaah, yang cerita horror gitu :' yang bagian pasar setan itu udah pernah denger Rum :' dan ngeri juga ya itu. Mitos yang harus ngebalik baju supaya nggak nyasar gitu juga pernah denger ._. makanya aku kurang suka ke gunung :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang nunggu bukan aku.. Tapi... di episode 2 yaa.. :p

      Jalan bareng sama temen kemana aja pasti asik :)

      Jadi kalo di gunung emang sering kejadian pasar setan sama balik baju ya.. serem ya...

      Yah.. si Febri mah lelaki penakut :p huahahaa

      Delete
  16. asik banget deh jalan - jalan terus, hehe
    bagian sendal putus itu kocak ya, tuker -tukeran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kami seperti saudara saling mengasihi Hahahaa

      Delete
  17. wah enak ya caranya pipis,,,, itu air laut yang udah asin jadi tambah asin dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang pipis itu asin ya?? Baru tau.. :)

      Delete
    2. ya katanya sih gitu, aku belum pernah nyoba

      Delete
    3. ya katanya sih gitu, aku belum pernah nyoba

      Delete
  18. So sweet itu mereka luluran, eh mereka cowok-cowok nyiapin keperluan cewek-cewek. Belum lagi yang minjamin sandal. Kebersamaan itu indah ya, Rum :)

    HUAHAHAHA BEKESAHAN. BAHASAMU, RUM. NAK SAMARINDA BANGET. CEPAT PULANG, RUM. KITA KOPDARAN! BAHAHAHAHAHAHA.

    Eh pake capslock. Maaf ya, Rum. Bergairah banget soalnya. :D

    Itu cerita horrornya aku nggak berani baca. Baca kalimat pasar setan langsung skip. Takut :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang mereka nyiapin keperluan kami semua. Iya, kebersamaan memang indaah sekalii :))

      Bekesahan itu bukannya Banjar ya.. Tapi di Kalimantan udah kayak bahasa umum sih..

      iyaaa... Do'ain cepet lulus biar kita cepat kopdaran...!!! Hahahaa

      Yah, Icha.. Aku gak nyangka kamu selemah ini.. ckckk :p

      Delete
    2. Iya Rum. Bahasa Banjar. Tapi udah umum banget di Samarinda. Orang Jawa aja ikutan ngomong bekesahan. Aku yang orang Banjar jadi bingung trus ngakak :D

      Iya Aamiin :))

      Hahaha iya, Rum. Aku mendingan baca cerita bunuh-bunuhan daripada cerita horor :(

      Delete
    3. Iya, disana sudah kayak bahasa kesatuan Hahahaa

      Makasih do'anya Cha.. :)

      Iya sih, cerita bunuh bunuhan kan emang seru.. Hehehe

      Delete
    4. oh arum asli samarinda tho ? trus merantau ke malang gitu ya ? aku malah anak malang merantau keluar *siapa nanya ya

      Delete
    5. Bukan Samarinda, tapi masuk wilayah Penajam dan merantau ke Malang..

      Iya, tau kok.. yang kemarin mau pulkam padahal masih uas ya.. eehh hehehe

      Delete
  19. Pulau sempu mantep dik kelihatannya,,, waaahhh bisa nyewa bapak-bapak ya dik, wkwkwkwkwkwkw hehehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, beneran bukan kelihatannya lagi kak :)

      Iya, sebagai guide :))

      Delete
  20. Mantep Gila!!
    ini di Malang kan? duh. jadi beneran pengen ke Malang deh. ;3

    Iya biasa kalo ditempat-tempat gitu pasti ada aja cerita horror nya, jadi kalo bisa jangan cerita pas di lokasi, ntar malah jadi parno, terus liburan nya gak nikmat. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo ke Malang... !! :)

      Wah, pasti yaa.. baru tau. Migrain cuma di lokasi tertentu aja..
      Kalo aku sih biasa aja.. kemanapun selalu bisa menikmati hehehe

      Delete
  21. wih, bis ajadi refrensi tersendiri buat destinasi wisata nih. harganya sih oke-oke aja... kayaknya pesona jawa timur memang nggak bisa boong. suatu saat gue pasti bakal ke malang, pasti..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, emang banyak banget pantainya yang menarik.. :)

      Ayo yoo kesinii :)

      Delete
  22. lagi banyak yg posting tentang pulau sempu nih

    ReplyDelete
  23. Awalnya mau bilang itu kok pada kaya cewek. Tapi ternyata mereka perhatian sekali, ya :3

    Salut ah sama bapaknya sampe botol jatuh pun bela-belaan diambilin biarpun susah ^^

    Segala sesuatu pasti ada cerita mistisnya gitu, deh. Apa-apaan org shalat bisa kerasukan. Gila, ya. Serem. Padahal lagi menghadap Tuhan :'3 Terus juga apa-apaan itu pasar. Itu emang pembeli nya ke dunia lain atau si pembeli ternyata lagi ngigo, sih? ._.

    Tapi kayanya bagus tuh kalo diliat di foto^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mereka emang pada baik baik :)

      Bapaknya baik emang, bertanggungjawab :)

      Iya, mistis banget.. gak tau juga itu ngigo apa gimana.. untung kembali dengan selamat :)

      Indah emang :)

      Delete
  24. wow, mantap deh pertualangan nya ni ya mb :)

    ReplyDelete
  25. Bapaknya baik. :))
    Eh, btw itu 150 ml bukannya enteng? Hm, 1.500 kali, Rum?

    Buahaha. Serem juga itu ya kalo jaket hasil beli di pasar setan. Emang setan butuh duit juga? Segala ada pasar. Terus kok duit kembaliannya jadi daun? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, baiikk buanget :)

      Iya, makasih udah dikoreksi :)

      Gak butuh, cuman udah tugasnya menggoda manusia eehhahahahaaakkk

      Nah itu merugikan, masa kembaliannya jadi daun -_-

      Delete
  26. waah aku yang orang malang belum sempet ke pulausempu udah merantau aja ke ibu kota. Mau dong di ajakin kesini kalau nanti aku pulang. Hahah *siapa gue yaa*
    Aku kemarin sempet kepikiran mau kesini, tapi yagitu ya harus rombongan minimal 10 orang biar nanti nya apapa bayarnya murah. Eh iya gak sih?
    nah karena cuma ber empat jadinya kemarin cuma ke pantai batu bengkung.

    Btw criminal case itu mainan apa ? aku taunya game cuma harvest moon sama sims 3 yang unyu unyu gitu . Trus juga aku baru denger istilah bekesahan. Itu semacam sharing cerita2 gitu ya rum ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini gimana masa orang malang malah minta diajakin? Aturannya aku yang diajak Hahahaa

      Iya, kalo bersepuluh lebih murah, sewa guide juga bisa patungan hehehe.. Lain kali harus kesana tuh bersepuluh :))

      Itu permainan di facebook.. Aku juga pernah main sims hehehe..

      Iyaa bener.. bekesahan itu beceritaan.. Hehehe

      Delete
    2. Ini beneran . aku mau di ajak main *ini ngarep banget

      Delete
  27. Ya ampun, baik banget mau minjemin sendal. Rum, Itu awal-awalnya pake di tolak hahah, kalo aku mah langsung nerima semua tawaran sendalnya, mayan kan kalo di jual, semoga laku. Sendal sendal~

    Aaak Arum rajin jalan-jalan, huhuh. Pengen kesana juga, tempatnya keren *-*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaah malah dijual.. laku berapa sendal second?? -_-

      Iya kesini aja, seru banget bareng temen temen hehehe

      Delete
  28. Menarik. Pantai sendang biru dengan Pulau sempunya yang indah dan manawan. Salam kenal dari Rental Mobil Malang, http://rentalsewamobilmalangbatu.com/, Simpati 082141 555 123

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar dengan kata-kata yang baik ^_^