Saturday, 24 September 2016

Tips Agar Skripsi Cepat Selesai


Lulus di waktu yang tepat atau lulus tepat waktu?? Pilihan jawaban ada di tangan masing-masing. Tapi setiap orang tua pasti berharap anaknya lulus tepat waktu. Apalagi Kalo anaknya masih menjadi tanggungan orang tuanya. Aku juga lebih suka lulus tepat waktu, bosen ke kampus mulu. Okee.. berikut ini insyaallah cara agar skripsi cepat selesai:

1. Merencanakan Tema Skripsi Dari Jauh Hari
Biasanya mata kuliah skripsi diambil pada semester 6. Sebelum semester 6 sebaiknya sudah dipersiapkan beberapa tema untuk skripsi. Usahakan menguasai tema yang diambil dan penelitiannya pilih yang sekiranya mudah. Semakin ribet semakin lama ntar lulusnyaa..

Kalo aku dulu sebenarnya mau ambil skripsi dari semester 7. Tapi Dosen Penasehat Akademik (PA) gak kasih ijin. Mana dosen PA itu juga dosen pembimbing l (dospem I) lagi.. ya Allah.. hmm mungkin karena saat semester 7 kami harus ngerjain laporan Praktek Industri dan Gelar Cipta Boga.

Parahnya.. penelitianku di Rumah Sakit dan perijinannya aja baru disetujui 3 bulan kemudian. Syaratnya harus presentasi ke direktur, wakil direktur, kepala gizi, wakil kepala gizi dan lain-lain. Sempet stress rasanya, gimana caranya ngomong didepan para beliau beliau ini.. aku takut...!!

Setelah meminta pertolongan Allah di tiap doa sehabis shalat. Rasanya seperti mendapat kekuatan, keberanian dan kemudahan. Ternyata saudara (suaminya sepupu atau menantunya pakde) kepala sekolah SMK Muhammadiyah perawat di Blitar daann.. kerjasama dengan RSU Aminah Blitar. Alhamdulillah, segalanya jadi mudah. Makasih banget sama semua pihak yang bersangkutan.

2. Sedekah
Bersedekah kepada orang yang membutuhkan, dan minta orang tersebut mendoakan agar segera lulus. Tapi jangan pernah menganiaya orang dan kemudian memintanya untuk mendoakan agar cepat lulus, meskipun doa orang  yang teraniaya cepat dikabulkan. Jangan pernah!! Bisa aja dia dendam dan mendoakan sebaliknya.

3. Shalat 1/3 Malam
Daripada menganiaya orang, lebih baik shalat tahajud. Karena doa 1/3 malam lebih mudah dikabulkan. Tapi hal inipun jarang ku lakukan. Karena saat 1/3 malam aku belum tidur akibat ngerjain skripsi.

4. PDKT (PENDEKATAN) Dosen
Emang sih hal ini tak mudah. Tapi juga tidak terlalu sulit. Kalo aku emang gak bisa. Selain gak bisa cari muka juga Karena dospem satuku killer banget. Ngomong biasa aja kadang bentak bentak, kalo gak terpaksa gak bakalan aku ngomong. Takut!!

Sebenarnya paham juga sih biasanya orang galak atau jahat itu kadang hidupnya kasian, mungkin juga sebenarnya butuh perhatian. Tapi aku gak tau gimana caranya untuk memulai. Pff....!!

Biar gimanapun, aku sangat berterima kasih sama dospem I, karena beliau aku jadi punya kalimat baru. "Bisa, karena terpaksa." Makasih.

5. Membaca Al-Quran
Membaca Al-Quran akan membuat jiwa lebih tenang. Apalagi Kalo baca bagian yang ngena banget. Seakan hidup tiada artinya mengejar hal duniawi, ngerasa banyak dosa serta yakin adanya hari kiamat.

6. Bergaul dengan Kakak Tingkat
Bergaul dengan orang yang lebih berpengalaman. Berpengalaman dalam menghadapi dosen mungkin, atau minta bantuan dan penjelasan tentang hal yang kurang dimengerti tentang skripsi. Bertukar pemikiran.

7. Pantang Menyerah
Tau sendiri kan? Orang yang bisa menyelesaikan skripsi bukan orang yang pintar, tapi orang yang rajin. Pintar saja tak akan cukup. Selain rajin ada juga yang penting. Apa itu? Pantang menyerah.

Dulu, setiap kali aku ngajuin judul skripsi ke dospem 1, selalu pulang cepat. Buat nangis dikosan, sakit hati. Dibilang bodohlah, gak mikir lah dan lain sebagainya. Aku bukannya gak bisa jawab semua pertanyaan beliau. Ini akibat grogi juga. soalnya beliau kalo ngomong nadanya negatif mulu. Tapi sesakit sakit hatinya aku. Gak bakalan mau nangis didepan orangnya. Gak mau dibilang Cengeng apalagi lemah! Aku juga gak mau nangis dijalanan. Malu, diliatin orang. Sejak itu jadi tau rasanya tetep senyum disapa, meskipun rasanya pengen nangis. Itu bukan hal yang mudah. Serius!

Hemm.. Pernah sih.. gegara beda pendapat. Aku dimarahin, dibodoh-bodohi.. Padahal biasanya aku diam dan menerimanya, meskipun pada akhirnya nangis dikosan. Waktu itu entah kenapa.. rasanya beda.. hati rasanya sakit banget! Mata rasanya panas.. mengalirlah air mata disusul ingus.. aku sudah berusaha menenangkan diriku sendiri, dengan cara ambil nafas dalam-dalam dan dihembuskan berlahan tapi gak terlalu berhasil. Mukaku nunduk aja biar gak keliatan nangis. Langsung bercadar pake jilbab. Sampe jilbab basah kena air mata dan ingus. Ya Allah.. ngakak rasanya ingat kejadian itu.

Setelah dimarahin dan dihina Habis habisan apakah aku mundur?? Gak! Apakah aku nyalahin dospem?! gak juga. Aku lebih giat baca dan latihan mental biar kebal. Tempat mainku di perpus, kosan, kampus. Selama sebulan gak pernah nongol ke kampus demi bikin 10 proposal skripsi dan jawabannya kalo seandainya ada pertanyaan.

Semua judul yang ku ajukan ditolak!!

Dengan segala kerendahan hati, akhirnya minta saran sama dospem 1, temanya tentang "makanan di Rumah Sakit".

Alhamdulillah juga dospem 2 sangat sabar membimbing ku. Rasanya sangat beruntung sekali dapat kesempatan bimbingan dengan beliau.

BTW, setelah ditelusuri lebih lanjut. Semua temen habis bimbingan sama dospem I selalu nangis. Bhahahakk!! Ternyata bukan aku aja yang cengeng, mirisnya kebanyakan kapok, mogok, jarang Konsul bahkan beberapa memutuskan gak ngelanjutin. Padahal tinggal skripsi aja. Sayang banget.

8. Banyak Baca Buku
Banyak baca buku dengan tema yang bersangkutan dengan skripsi adalah cara yang efektif. Aku yang biasanya suka baca buku fiksi jadi hampir gak pernah baca cerita. Sehari hari tongkrongannya di perpustakaan pusat Universitas Negeri Malang (UM). Kadang sampe magrib pula. Padahal banyak beredar cerita horror disana. Bodo amat. Kalo orang kepepet mah nekat.

9. Puasa Sunnah
Biasanya orang lagi skripsian itu lupa makan. Daripada lupa makan mendingan sekalian puasa. Jadi gak laper nganggur. Apalagi jomblo nih kayak aku, banyak orang yang cuman ngingetin tapi jarang diajakin makan. Ya.. kalo cuman ngingetin alaram juga bisa.

Hemm... apa lagi ya... 

Bagi yang udah lulus boleh dong bagi tipsnya... ^_^

Buat yang lagi ngerjain skripsi semoga bermanfaat dan cepat lulus yaa..Yaudah sana kerjain skripsinya, besok bimbingan...!  ^__^

62 comments:

  1. follback my blog dong mba.. :D

    Wah keren nih mba tipsnya, in shaa Allah tahu besok aku skripsi..
    Mudah2an bisa berjalan dengan lancar .. Aamiin
    Selagi ada waktu, bisa praktekan nih tipsnya. Thank ya :)

    ReplyDelete
  2. luar biasa yaa kak perjuangannya.. subhanallah akhirnya bisa selesai juga.
    semoga berkah ilmunya :)

    ReplyDelete
  3. Arum.... Akhirnya ALUMNI Baru menuliskan ini. hehehehe. Gue udah nulis gini juga, soalnya. :D

    Gue paling setuju dan harus ada dalam diri mahasiswa tingkat akhir adalah Pantang Menyerah karena itu cuman modal yang paling kuat jika usaha dan doa masih belum dimudahkan. Selalu percaya bahwa apa yang kita kerjakan gak pernah sia-sia.

    Gue kalo dibahas gimana prosesnya kemaren. Mungkin, sekarang harus menitikkan air mata dulu. :'(

    Btw, terimakasih dan salut sama perjuangan lo Rum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alumni ya.. hikss...

      Setuju...!!! Pantang menyerah itu penting...!! Tiada usaha dan doa yang sia sia :)

      Cup cup.. jangan sedih.. semua yang telah berlalu biarlah menjadi kenangan dan pelajaran.. aku kadang malah ketawa ingat yang "kemarin" :D

      Terimakasih kembali :)

      Delete
  4. Bisa..bisa bagus juga tipsnya. Galau mba liat teman pake toga duluan. Mungkin ini namanya fase2 terberat dalam hidup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Jangan galau. Yang penting usaha dulu :D

      Delete
  5. yang penting kerjakan dan jangan ditunda-tunda begitu proposal sudah disetujui. dan selanjutnya seperti yang neng tulis. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan suka menunda, kerja kan apa yang bisa dikerjakan..

      Delete
  6. Jarang-jarang ada yang memberi tips-tips yang begitu religius seperti ini. Keren... Salut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitu yaa.. kan usaha dan doa.. hehehe

      Delete
  7. Kok ngerjain skripsi nya engga ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyiapin tema dari awal itu bukanya berarti ngerjain ya...

      Yaudalah ditambahin..

      Delete
  8. Iya ada benernya sih dari beberapa tips diatas tapi balik lagi mbak kalo gak ngerjain skripsinya dengan baik dan benar ya gak bisa lulus dengan cepat dong mbak...

    Hehhee males juga sih denger kata skripsi yang menjadi momo dalam dunia perkuliaahan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, harus dikerjakan dengan bener. Cepat diselesaikan biar gak berurusan lagi. Semakin males selesainya Semakin lama..

      Delete
  9. Dulu saya lamaaaa, skripsi ga jadi-jadi karena tidak dikerjakan-kerjakan. Giliran dikerjakan, eee... cepat rampung: hanya 5 atau 6 hari. Kelar! Alhamdulillaah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mbak, hehe... setelah itu langsung menghadap dosen pembimbing, hasilnya: tidak ada satu huruf pun yang dicoret, langsung direkomendasi munaqasah atau sidang skripsi, alhamdulillaah...

      Delete
    2. Beruntung banget.. cepet selesainya.. aku, penuh perjuangan.. aku iri deh..

      Delete
  10. Kalau aku Alhamdulilah sudah selesai tinggal wisuda hhe...
    Tips bermanfaat cocok buat temen aku yg belum lulus nih, padahal dia satu angkatan sama ki hajar dewantara :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah udah selesai..

      Astaghfirullah.. semoga temennya cepat selesai skripsinya ya.. :)

      Delete
    2. Astagfirullah katanya.. HAhahaa Ya, Allah entar gue cc ah orang nya :p

      Delete
    3. Ya abis seangkatan Ki hajar Dewantoro, bilang ckckk

      Beneran, di cc in nah.. hahahaha

      Delete
    4. niat nyari pencerahan soal skripsi...
      baca postingannya, berasa keangkat mental...

      mau kasih komen eh ternyata aku disinggung di komen ini... mental down lagi hha...

      Delete
  11. intinya jangan malas-malasan tuh, pacaran mulu sih

    ReplyDelete
  12. intinya jangan malas-malasan tuh, pacaran mulu sih

    ReplyDelete
  13. alhamdulillah saya sudah kelar semua, tinggal ngurusin anak istri.

    ReplyDelete
  14. wahhh, tips yang bisa digunakan untuk kedepanya nih ..

    ReplyDelete
  15. Untuk point yang ke empat itu kalau bagi pria susah mbak kalau dosennya laki laki, entah kenapa susah banget menggoda dengan rayuan maut saya masih saja tidak tergoda, gkgkgk mungkin kalau dengan kedipan cewe mah langsung kena tuh dosennya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalo sesama perempuan juga gitu, apalagi belum nikah. Galak. Ckckk

      Delete
  16. alhamdulillah lulus ya ..deketin dosen terus pokoknya..kasih apa gitu kalau konsultasi :)

    ReplyDelete
  17. Wah, tapi kalo mau cepet itu pake prinsip "jangan takut revisi". Jadi, datengin aja terus dosennya sampe dia mau muntah. :))

    ReplyDelete
  18. Wah ane kurang begitu paham maslah ini sih mbak, denger2 dari temen juga njilmet. tapi enggak tau juga sih soalnya ane nggak kuliah. Hehehe
    Sukses ya mbak arum :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang gitu sih, njelimet..

      Makasih :)

      Delete
  19. Mantap infonya mba,

    Budy | Travelling Addict
    BLOGGER ABAL-ABAL
    www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
  20. Mantap infonya mba,

    Budy | Travelling Addict
    BLOGGER ABAL-ABAL
    www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
  21. Bagian sedekah ini yang kece. Coba dari dulu aku nemu artikel ini, pasti skripsinya cepet kelar hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, yang penting sekarang sudah selesai :)

      Delete
  22. sepakat dengan tips agar skripsi cepat selesai, yang paling utama adalah berdoa dan meminta doa pada ibu...ibu...dan ibu, baru ayah, dan jangan pantang menyerah...kudu inget siapa yang membiayai kalian, makanya kudu fokus ngerjain skripsinya jangan ngblog mulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, doa orang tua.. ngeblog juga jarang waktu skripsi :)

      Delete
  23. Dulu sih ane SKSD sama bu dosen :)

    ReplyDelete
  24. Tipsnya apa yak? Terus berusaha dan berdoa. Jiah, klise banget yak. Ditolak dosen mah biasa, anggap aja sebagai ujian mental, xixixi. Jangan gampang menyerah, datengi terus jangan bosan-bosan, kalau perlu sampai dosennya muak ketemu kita tiap hari. Terus ngga kalah penting, pasang senyum manis tiap ngadep dosen pembimbing, muka diimut-imutin, kalau ngga muka memelas gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sudah aku terapkan juga sih,, yang paling manjur pantang menyerah :)

      Delete
  25. jadi inget waktu skripsi dulu, emang harus banyak doa & berusaha banget.. berangkat pagi2 ke kampus biar dapet jatah bimbingan, sampe pas lulus masa2 itu jadi kenangan *tapi gak pake pengen balikan :D

    diniratnadewi.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak banget mau kangen masa masa susah seperti itu.. ckckk selesai aja Alhamdulillah.. :)

      Delete
  26. kalau aku rum, biasanya buat ngebet sesuatu bir ga nunda nunda aku suka bilang ke diri sendiri "oke oke the power of now" ya intinay maksa diri sendiri sih,,tapi bener tuh shlat juga perluuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, itu penting banget. Jangan tunda-tunda gak jadi jadi.. usaha dan doa adalah yang paling utama:)

      Delete
  27. Bermamfaat ne buat para skripsifighter

    Yang terpenting hindari rasa malas, dan langsung di kerjain skripsi sebisa mingkin, jangan nunda-nunda. Dan terakhir ngajak makan dosen pembimbing, haha,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga pernah tuh sekelasan ngajak makan dosen. Tapi sana aja iihh..

      Delete
  28. Yaa... nggak jauh beda juga sama tips sukses UN. Hehehe. Tapi, emang ada poin-poin tertentu yang nggak mungkin dialami anak SMA kelas 12 macam gue. :))

    Gue sempet kepikiran dari sekarang buat tema skripsi. Parah. Antara kecepetan dan lagi kurang kerjaan mikirin gituan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang kamu mikirin mau UN aja dulu Bii..! :D

      Kamu masih banyak yang harus dipelajari pelajaran SMA yang di UN kan. Sukses buat kamu... :)

      Delete
  29. hebat kali perjuangan bikin skrip si yak. sampe tumpah darah.

    sayangnya saya ngga pernah tuh bikin skripsi, iya sih ga lulusan S1. tapiii temen2 banyak cerita keluhan mereka, rasanya pengen jungkir balik , buat pengajuan judul aja itu mental harus sekokoh beton baja,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, begitulah. Perjuangan sekali..

      Gak juga gpp.. masih banyak kegiatan lain yang lebih bermanfaat selain skripsi. Eeh..ehee..

      Delete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar dengan kata-kata yang baik ^_^