Monday, 27 February 2017

Gara-Gara Si Bungsu


Kalo dewasa identik dengan gigi berjumlah 32, mending aku gak usah dewasa aja. Aku rela, sungguh!! Tumbuh gigi bungsu itu sakit, lagi menyakitkan. 

Gigi 28 biji itu sudah cukup untukku. Gak perlu nambah lagi. Lagipula semakin kebelakang semakin susah ngerawatnya. Mubazir kan? Kalo tumbuh tanpa diharapkan. Tapi akupun tak berdaya sewaktu gigi bungsu tumbuh tanpa diminta. Aku harus gimanaa....?? Dia tidak pernah mendengarkanku untuk tenggelam lagi ke dalam gusi. Ya, karena memang gak punya telinga. Mana mungkin bisa dengar?? Tapi lebih baik gak ada telinganya sih, ntar malah serem.

Beberapa minggu ini gusiku rasanya tersiksa sekali. Gigi bungsu sepertinya berlahan mulai tumbuh. Mulai sakitnya Januari tahun lalu. Semenjak itu rasa sakitnya datang dan pergi sesuka gusi. Sekarang giginya baru kelihatan 1/4. Sampe kapan sakit ini akan berakhir?! Kapaan? Kalo sampe aku sakit hati, ntar abis tumbuh mau ku cabut aja. Rasakan!!

Mau makan apapun rasanya jadi gak enak. Biasanya ngikutin sunah, mengunyah 33 kali. Yah meskipun yang ke 30 udah mulai habis yang dimulut. Terus dimana sunahnya, woy! Yang penting udah berusaha. Maksa amat.

Saat ini makannya malah lebih mirip ayam, kalo bisa langsung telen. Sebenernya kesian ususku, pasti bekerja lebih bekerja keras dari biasanya. Mendadak pengen makan bubur aja, kayak keponakanku si Fathi. Udah kelas 2 SD masih makan promina. Iya, PROMINA. Bubur yang buat bayi 8 bulan plus. Tapi plusnya kejauhan, umurnya si Fathi aja udah 8 tahun. Mungkin dia sayang sama ususnya kali ya?! Preet dah! Makan kerupuk aja bisa, masa makan nasi yang lebih lembek dia gak mau?? Emang dasarnya doyan bubur aja dia.

Jadi ingat dulu waktu dikosan, beli bubur sun kacang ijo. Ya Allah jadi pengeen!! Tapi kalo di rumah malu mau beli. Ntar dibilang saingan sama ponakan. Pendam saja keinginan itu!

Gara-gara si bungsu nih. Buat ngunyah aja sakit. Jadi males banget makan kalo gak karena lapar banget. Ada untungnya juga sih, anggap aja ini diet alami. Iya, diet! 

Selain males makan juga males ngomong. Sebenernya bagus juga sih, lumayan ngurangin dosa buat ngomongin hal yang gak bermanfaat. Tapi masalahnya, akibat males ngomong aku jadi cerewet di medsos! Sungguh memalukan kalo dibayangin. 

Kalo sakit gini rasanya jadi serba salah. Pengen minum obat pereda nyeri tapi lagi berusaha mengurangi obat obatan. Gak minum obat juga kadang gak tahan. Jadi paling aman nunggu gak tahan dulu, alias kalo terpaksa banget baru minum obat. Nunggu ada rasa gak tahannya itu loh yang penuh perjuangan. Berusaha menikmati rasa sakit di setiap detiknya. Berharap mendapat pengampunan dosa. 

36 comments:

  1. Jadi si bungsu itu tumbuh sendiri
    Harusnya kamu rawat dy neng
    Apalagi tumbuh besar baru 1/4nya, pasti lagi lucu2nya si bungsu ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Atas izin Allah sih..

      Lucu gimana ya Allah! -__-

      Delete
  2. Kalo udah ga tahan, sbenernya banyak juga kok orang yang milih buat nyabut si bungsu-bungsu ene..
    gapapa kok..
    Daripada nanti jd penyakit..
    kebanyakan orang kalo sakit gigi pasti karena si bungsu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pengen banget aku cabut. Apalagi denger cerita orang orang sakit giginya gegara si bungsu. Ckckk

      Delete
  3. samaaa...
    bungsu malah tumbuhnya sungsang terus bikin gigi bawahku muncul satu ke atas kayak petruk ga rata lagi kayak dulu. aku waktu pernah ke dentist katanya musti pake brace. masih belom mampu abis mehooonggg banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo sungsang sih emang gak bagus, harus segera diatasi biar gak sakit. Di cabut gitu gak bisa`kah?

      Delete
  4. Saya kuliah di ilmu keperawatan gigi mba saya mau jelasin.

    usia remaja ke dewasa biasa
    muncul keluhan tentang pertumbuhan gigi geraham apa lagi m3 atau gerahm 3 atau molar 3.

    Dari lebanyakan orang keluhan yang muncul adalah keluhan rasa nyeri yang sangat sakit pada bagian belakang rahang.

    Apa yang sebenarnya terjadi?

    Gejala ini adalah gejala pada saat gigi molar ketiga atau biasa disebut gigi bungsu geraham 3. Gigi bungsu atau gigi geraham 3 atau gigi molar ketiga biasa tumbuh dalam rentang umur 17-24 tahun.

    Jika gigi mba tumbuh miring maka muncul gejala bengkak, nyeri, atau bahkan demam. Terlebih jika gigi ini menusuk gusi, akan menjadi sangat nyeri dan sakit.

    Gigi bungsu atau geraham 3 akan tumbuh di empat bagian rahang, yaitu kanan atas belakang, kiri atas belakang, kanan bawah belakang, dan kiri bawah belakang.

    Tidak ada cara mencegah gigi bungsu ini untuk tidak tumbuh miring.

    Pertumbuhan gigi ini bersifat alami dan tergantung benih giginya. Jika benihnya bagus maka gigi tersebut akan tumbuh lurus.

    Maka saat tumbuhnya gigi ini berpotensi besar untuk sakit.


    Jika gigi mba sakit pada saat tumbuh tenang mba ,mba bisa minum obat analgetik atau pereda nyeri.

    Biasa yang digunakan adalah asam mefenamat atau mefinal. Namun penderita biasa meminum asam mefenamat.

    Selain efek nyeri, gigi bungsu yang tumbuh miring ini dapat mempengaruhi susunan gigi lainnya yang tumbuh lebih dulu.

    Jika gigi bungsu atau geraham 3 mba ini tumbuh miring lalu berbahaya bagi gigi lain atau bahkan gusi, maka harus dicabut.

    Pencabutan gigi ini biasa disebut operasi odontektomi dan harus ditangani oleh dokter spesialis bedah mulut.

    Sebelumnya akan dilakukan foto rontgen panoramic gigi untuk melihat kemiringan gigi.

    Tidak semua orang akan mengalami tumbuhnya gigi bungsu ini. Dan sakit akibat tumbuh gigi bungsu tidak hanya saat tumbuh.

    Bahkan di kisaran umur 40 tahun seseorang bisa mengalami kambuh sakit akibat gigi bungsu ini. Dan jika gigi bungsu ini muncul pada wanita hamil, maka tidak boleh dicabut.

    Yang paling aman adalah diberi analgesik dengan jenis dan dosis yang tepat untuk wanita hamil.

    Sekian ya mba semoga dapat pencerahan dari saya mengaplikasikan ilmu yg saya dapat di bangku kuliah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantab ni, jadi ikutan belajar juga dengandunia gigi

      Delete
    2. Waahh... Senangnya dijelasin langsung sama specialisnya.....!! :)

      Sebenernya gigiku ini tumbuhnya rapi, cuman mungkin ini nyerinya karena proses tumbuhnya kali ya? Apalagi kalo dipake makan. Duh, pengen tobat rasanya.

      BTW makasih penjelasannya. Sangat bermanfaat sekali :)

      Delete
    3. Oh. Kalo gigi bungsu biasa tumbuh dalam rentang umur 17-24 tahun, berarti gak lama lagi gigi bungsuku bakal tumbuh dong. Nice Info, ehe~

      Delete
    4. bisa diposting neh, mantap komennya :)

      Delete
    5. waahhh muncul juga nih ahli giginya....jadi bisa belajar juga...
      Tahun lalu aku juga baru cabut gigi bungsu tumbuh, keempat-empatnya sekaligus!!! weeewww... iya.
      Jadi kata dokter gigiku di Jerman, gigiku morat marit nggak karuan akibat tumbuhnya gigi tersebut, dan tumbuhnya gigi tersebut juga berdampak pada kesehatan tubuh, metabolisme serta fungsi jantung jangka panjang.

      Akhirnya setelah diperiksa ini itu, aku dikirim ke ahli bedah mulut, dan menjalani operasi pencabutan gigi hingga 3 kali. Satu gigi bungsu yang bahkan belum nongol, masih di dalam gusi nyempil di dekat hidung dalam banget, juga ikutan dicabut.

      Busyett, kalau sakit seperti itu, Arum, konsultasi ke dokter gigi saja, karena kata dokter gigiku, gigi bungsu yang tumbuh menyamping, akan merusak gigi geraham yang asli, karena akan mengikis sedikit demi sedikit geraham itu, dan sisa-sisa makanan yg melekat juga bisa jadi tempat tumbuhnya bakteri yang lama klamaan akan menghancurkan gigi geraham.

      Benar kata Andi, nggak ada cara untuk mencegah gigi tsb untuk tidak tumbuh menyamping. Satu-satunya cara ya dicabut, lagi pula gigi tsb tidak berguna. Bikin sakit terus.

      Setelah operasi gigi tsb, aku merasa jauh lebih sehat,,,

      Delete
  5. Bubur sun kacang ijo hahahha, mending biskuit regel yang buat bayi itu rum
    Mang sih sakit gigi itu bikin pening, soalnya berhubungan dengan saraf
    Aku aja dulu pas bolong sedikitttt aja uda nyut nyutan akhirnya tambal aaja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, enak juga itu biskuitnya, sukaa...!!

      Iya, sakit pasti itu kak. Mending segera diatasi. :)

      Delete
  6. Apa cuma aku aja ya yang gigi bungsunya belum tumbuh? Beberapa temenku juga sering ngeluh gegara nyeri karna tumbuh gigi, nah akunya bingung tumbuh gigi di bagian mana. Omegad, kenapa gigi bungsuku belum tumbuh ya? Apa karna belum saatnya? Semoga ini bukan pertanda buruk. Semoga rasa sakitnya bisa jadi penghapus dosa ya, Rum:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak kok, masih banyak yang lain juga. Kakakku aja juga baru mau tumbuh, padahal kami beda 8 th. Tenang, pasti ntar juga tumbuh kok :).

      Iya, aamiin, makasih yaa :)

      Delete
  7. Iyaaa ini bener banget sih. Pas tumbuh gigi bungsu belakang itu sakit banget. Kayak gimana ya... kayak tumbuh gigi bungsu belakang gitu deh (nais info gan!). Kalo gue biasanya pake ponstan sih waktu dulu. Lumayan banget ngurangin sakit, tapi jadi berasa tembem pipinya. \:p/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nyeri rasanya.

      Wah, jadi bisa bayangin kalo lagi tembem dong ya?
      *iih apaan sih..

      Delete
  8. waktu gigi bungsuku tumbuh, tumbuhnya berdempetan sama gigi geraham belakang, jadi sakiiit banget, apalagi numbuhnya nyundul gusi, beuuuh sakitnyaaaaa

    ReplyDelete
  9. Daripada sakit hati mba :)
    Lebih baik sakit gigi bungsu

    ReplyDelete
  10. sebenarnya ini pembelajaran berharga, betapa Allah memberikan karunia yang luar biasa yang kadang kita luput untuk mensyukurinya..itu baru gigi yah hehe....

    ReplyDelete
  11. Jadi lebih baik sakit hati daripada sakit gigi ya..hehe

    Awalnya aku kira seorang adek, atau anak bungsu. Eh gigi..Tapi memang kalau udah sakit, beuh mau makan aja gk bisa. Makanan enak jadi malas ngunyah.

    Semoga sakitnya bs menggugurkn dosa2nya mba. Semoga cepat sembuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak dua duanya sih.. :)

      Bukan, iya makan apa aja jadi gaenak. Aamiin ya Robb, Makasih :)

      Delete
  12. Gigi bungsu aku yang baru tumbuh itu yang atas kanan sama kiri, tapi dua duanya belum tumbuh sempurna, baru setengahnya. Waktu mau tumbuh si bungsu, aku sempet demam dan kepala sering pusing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku juga gitu demam. Emang menyakitkan ya tumbuh gigi bungsu itu. hemm

      Delete
  13. melalui gara-gara sibungsu manja saya teh mohon ijin follow blognya, boleh dong

    ReplyDelete
  14. iiii aku juga ngalamin hal sama mba, tahun kemaren di awal umur aku 20 tumbuh gigi bungsu, rasanya sakit banget. dikasih air garem gak mempan. pipi jadi keliatan bengkak lagi
    waktu itu aku terpaksa ke dokter, ya meskipun males minum obatnya. tapi alhamdulillah sekarang aku udah sehat dengan gigi bungsu yang nyempil di geraham kanan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bikin sakit. Tapi, Alhamdulillah udah sehat ya? ;)

      Delete
  15. Nah, kalau bungsunya ada di sebelah kiri, pakai ngunyah yang sebelah kanan, juga sakit? Atau emang sakit semua ketika dipakai ngunyah?

    Semoga cepat sembuh, sebelum rebutan Promina sama ponakannya.:)

    ReplyDelete
  16. Duh, udah lupa yang namanya tumbuh gigi bungsu itu seperti apa :'D Ngalamin gak ya. Haha

    ReplyDelete
  17. aku udah lupa kapan numbuh gigi bungsu, kayaknya belum lama ini deh. emang bener sakitnya otu BADDASSSST! wqwqwq

    itu beneran ngunyahnya diitungin sampai 33x?
    rajin banget.. :')
    aku biasanya kalau lapar banget, makanan langsung aku telen gitu aja deh. wqwq

    ReplyDelete
  18. Gue mah ngunyah aja. Gak usah sunah-sunahan. Wahaha. Mending 30, kayaknya 20 aja udah mulai lunak itu makanan. Kecuali makan mi. Jarang ngunyah. Makanya makan mi itu bahaya. :(

    Ya, gak sampai bubur juga, sih, kalau gue. Malah mulai gak doyan bubur. Paling minta Nyokap bikinin sayur bayem atau sop. Pokoknya yang berkuah-kuah bening gitulah supaya mudah makannya pas si bungsu lagi kambuh.

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar dengan kata-kata yang baik ^_^