Thursday, 17 October 2013

Tips Meminimalisir Dosa

Bismillah..
Kita semua pasti tahu menghindari dosa 100% adalah hal yang sangat mustahil. Apalagi dijaman era modern seperti sekarang ini. Segala sesuatu kalo kita telusuri mungkin malah kebanyakan negatifnya dan ujung-ujungnya dosa. Ckckckk
Berikut ini beberapa tips meminimalisir dosa:

1. Menutup Aurat
Manusia wajib menutup aurat, baik lelaki maupun prempuan. Hanya saja batasan antara keduanya sangatlah berbeda. Aurat lelaki pada setiap saat dan apabila bersama-sama siapapun adalah sama yaitu antara pusat dan lutut. Enak ya? Simple.
Beda sama prempuan, yang terbagi  dalam beberapa kondisi diantaranya:

· Aurat Ketika Shalat
Aurat prempuan ketika shalat adalah menutup seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan.

· Aurat Ketika Sendirian
ketika prempuan sedang sendirian adalah bagian anggota pusat dan lutut. Berarti bagian tubuh yang tidak terlihat adalah antara pusat dan lutut.

· Aurat Ketika Bersama Mahram
Pada dasarnya aurat seorang prempuan dengan mahramnya adalah pusat dan lutut. Meskipun bagitu prempuan dituntut agar menutup setiap bagian tubuh yang bisa menaikan syahwat lelaki meskipun mahram sendiri.

Jadi prempuan itu agak sedikit ribet ya.. bantu kami para prempuan untuk menjaga titipanmu ya Rabb. Amiin.

Si abang ini gimana, pake jilbab tapi cuma pake kancut.. -__-



     2. Berbicara Baik atau Lebih Baik Diam
Seperti kalimat bijak yang sering kita jumpai yaitu “Diam adalah emas” atau “Mulutmu harimaumu” dan masih banyak yang lainnya. Keceplosan adalah budaya buruk yang dapat  menimpa semua orang. Apalagi  tidak semua kalimat keceplosan itu baik dan mengundang tawa tapi malah sebaliknya, membuat semua orang ilfiil saat mendengarnya. Masalahnya adalah kalimat yang sudah kita lontarkan itu tidak dapat ditarik atau dibatalkan begitu saja. Mungkin kata maaf mampu menutupi kesalahan, tapi tidak untuk dilupakan #cieeh..

       3. Hindari Merokok
Menurutku, merokok itu haram dan minimal adalah makruh. Karena lebih banyak negatifnya ketimbang hal positifnya. Perokok itu penjahat, penjahat yang tidak terlihat secara nyata kejahatannya. Dengan seenaknya dia merokok ditempat-tempat umum. Sadar gak sih?! Diam-diam dia membahayakan kesehatan orang lain. Padahal dia sadar perokok pasif lebih berbahaya daripada perokok aktif. Tapi bukan berarti lebih baik merokok. Pasti juga kalian semua sudah pernah baca akibat merokok kan? Tak perlulah ku jelaskan biasanya juga sudah ada peringatan merokok  di jalan raya, bahkan dibungkus rokok itu sendiri. 
Jangan-jangan yang baca ini juga salah satu penjahatnya. Pura-pura gk lihat aah.. Kabuur..........!!

       4.  Makan dan Minumlah yang Halal
Ternyata makanan yang diharamkan oleh Allah SWT adalah makanan yang banyak mengandung sisi negatifnya ketimbang positifnya. Contohnya aja babi. Mengapa dia diharamkan? Karena cacing pita yang terdapat pada babi tidak mati dalam 100 C. bahaya kan kalo si cacing ini transmigrasi ke peyut kita.
Tau gak sih? Dosa meminum arak itu melebihi dosa orang yang membunuh dan berzina. Karna dengan meminumnya dapat membuat kita hilang kendali dan tak sadar melakukan perbuatan apapun. Beuuh….!!

       5. Menjaga Mata & Hati
Sebenernya kalo kita berusaha jaga mata itu juga sekalian komplit sama jaga hati. Soalnya ada nih istilah dari mata turun kehati. Hare gene jaga mata?! Baru nongol dari pintu aja udah dipamerin dada ama paha. Bahkan ngLihat yang  cakepan dikit aja sayang mau kedip mata, apalagi mengalihkan pandangan sampe yang dilihat belok or gak klihatan. Edannya pas kita lagi naksir-naksirnya sama si do’I, ternyata dia itu pacar temen kita sendiri. Pes-pes apees……!! Kalo udah kaya gini siapa yang mau tanggung jawab coba?? Siapaa?! Paling banter juga kamu yang nagggung, aku yang jawab. “Sabar Ya?!”

Cinta bertepuk sebelah dada.. :3 #eeh..

Apalagi kalo hobby nonton horror, blue film alias bokep.  Walaupun dosa yang dilihat 2x dari dosa yang ngliat, kita tetap ae rugi. Mreka kaya gitu dibayar, nah kita yang nonton? Sama-sama dapet dosa, tapi gak da bayarannya. Belum lagi kalo ikutan kepengen n gak ada plampiasan #double ngenes.  Jujur, aku gak pernah suka nonton beginian. Abisnya gak bisa dipegang sih. Izh, apaan sih?! *Polos.

     6. Hindari Gibah
Kalo sama temen sih masih mending, dia juga mungkin melakukan hal yang sama seperti kita. Jadi impaslah istilahnya. Nah, kalo kita bicarain dosen, presiden, DPR apalagi artis? Gk ada timbal baliknya, tau-tau waktu hisab amal diakhirat, amalan kita udah ketransfer ke orang-orang yang kita bicarain.
Mendengar atau membicarakan orang lain itu dosanya sama. Ininih yang buat mikir 2x nonton gossip yang lagi hot ditipi. Jupe’ apa kabar kamyuu…?! :3

        7. Hindari Pacaran
Aduuuh…….!! Godaan yang ini nih pasti berat banget, ya lah aku juga ngerasa gitu. Ada yang merhatiin, bayarin, ngajak jalan bareng etc deh. *huss emang babu. Tuhaan lontong-tolong.
 Untuk sebagian besar para lelaki dan prempuan sudah ikhlas menerima dosa ini. Padahalkan ah biarlah.. Bahkan parahnya mereka malu, kalo tidak melakukan dosa yang satu ini (pacaran).  

 Abang tukang jagung juga gak papa dah! Yang penting punya pacar.. -_-“

Aku siih lebih milih salut sama orang yang tetap konsisten memilih single or sengaja ngejomblo. Jaman sekarang jarang loh yang kaya gini. Lagian menurutku lebih baik jadi jomblo berkualitas dari pada punya pacar yang gak berkualitas, ya gk coy?! *Maksa dikit. 

BTW menurut temen-temen dari beberapa tips diatas yang mana yang menurut kalian gampang buat dijalanin…?? Sekian dan trimakasih atas tambahan, kritik dan saran yang membangun …  ^__^




27 comments:

  1. Hayo Mbak Arum jangan kabur dulu ya.. ini saya suka merokok ya.. saya mau protes nih... hehehehehe.. khusus poin yang merokok, saya rada kurang setuju ya Mbak, tapi setuju bingit ya kalo merokok itu jangan sampai mendzalimi orang lain kecuali bagi sesama yang merokok, memang ya kampanye anti rokok sekarang terlalu memojokkan yang merokok ya, tapi jika merokok tidak mengganggu orang lain boleh-boleh aja ya, soalnya sejarah bisa memberikan suatu data bahwa perkembangan positif di dunia ini tidak terlepas dari peran seseorang yang suka merokok, kalo gak salah denger2 Bung Karno juga suka merokok ya... hehehehe :) Ini boleh berbeda pendapat kan ya Mbak, gak marah kan ya.. ah kaburrr aaahhhhhh hehehehehehehehehehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, ketangkap basah dalam keadaan kering deh..

      Ya emang sih rokok menyumbang besar terhadap perekonomian indonesia. Tapi usaha yang kurang baik berdampak tidak baik, misalnya saja terjadi musibah tak disangka karena uangnya dari hasil yang kurang berkah..

      Belum lagi penggunanya yang udah cakep, soleh, baik etc karena bau rokok mau deket aja mikir.. sayang loh kak duitnya dibakar bakar mending di alokasikan ke hal yang lebih bermanfaat :-)

      Delete
  2. wah mba.. ternyata kekar juga, itu auratnya nggak ditutup..

    gimana kalo saya jadi tukang jagungnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sesekali pengen juga pamer kekar dikit hahaha

      Wah ya gpp, mungkin masih banyak perempuan di luar sana yang menyukai abang abang penjual jagung :-)

      Delete
  3. @Diar, supaya merokoknya tidak mendzalimi orang lain, solusinya mudah mas, ditelan aja asapnya :)

    ReplyDelete
  4. yang Nomor terakhir ini yang susah,,, Hindari Pacaran Dekati Personil JKT48 hehehehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kak Irwin. susahnyaaa bukan main. apalagi brondong jaman sekarang kece kece.. hahahaaa

      Delete
  5. kalau yang menurut saya agak gampang sih berbicara baik dan menjaga aurat.

    ini pos udah 2 tahun nih 3 tahun lagi masuk tk kayanya ? heu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya itu juga susah loh kak Awan.. apalagi panas gini pengen yang buka bukaan #eeh

      iya, udah jaman dulu masih agak awal-awal tapi dulu lebih mirip koran di read doang kada da yang komen. hahahaaa

      Delete
    2. ya mungkin kalau untuk didalam rumah bila tidak ada siapa-siapa kita bisa buka-bukaan,eeh
      maksudnya kalau dirumah sendiri boleh asal jangan terlihat sama yang bukan muhrim.

      heu, sukses selalu deh buat mba arum :)

      Delete
    3. Iya kak, asal jangan telanjang. Meskipun sendirian dan di ruangan tertutup juga gak boleh.. :-)

      Iya, makasih doanya hehehe

      Delete
  6. Gue nggak ngerokok, pacaran juga lagi enggak. Alhamdulillah meminimalisir dosa. Hahaha.
    Tapi ghibah kadang-kadang masih. Wakakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. menjaga aurat engga Yog? hahaha :D

      Delete
    2. Udah gak ngrokok, gak pacaran pula.. bagus! jadi ngefen sama kakak I lop yu pull..

      Tapi kok kadang masih gibah ya..? gak jadi deh hahaha

      Delete
  7. Berarti kalo gibah sama temen sendiri aman dong
    saling transfer pahala hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gpp, ntar di akhirat tinggal dihitung aja banyakan mana hahaha

      Tapi emang lebih baik sih gak usah.. :-)

      Delete
  8. semoga kita semua selalu dilindungi oleh Allah dalam setiap tindakan dan perilaku, sebagai seorang muslim tentunya kita wajib menjaga semua itu mbak..
    dalam menutup aurat, masih banyak perempuan yang salah, misalnya pakai hijab tapi bajunya transparan, pakai hijab tapi lengan bajunya pendek..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sebenernya adanya aturan itu untuk menjaga. Sayangnya banyak yang menerapkan dengan asal asalan.. Kalo untuk pakaian mungkin lebih banyak yang mengikuti mode tanpa memperhatikan syar'i..

      Delete
  9. Berarti dalam sehari, banyak kali dosaku :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mungkin.. jadi sebaiknya diimbangi juga amalnya :-)

      Delete
  10. baru tahu nih ada cara meminimalisir dosa hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sebenernya masih banyak yang lain sih.. :-)

      Delete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar dengan kata-kata yang baik ^_^