Friday 21 October 2016

Kamar Kosong

Semenjak kakak kakakku nikah dan pindah, serta 2 adekku sekolah diluar kota dan pulau tetangga, rumah jadi sepi. Apalagi kalo malam, senyap. Sesekali terdengar suara batuk atau kadang bapak lagi ngorok. Masih teringat jelas dahulu rumah selalu ramai meskipun saat malam. Ada saja hal kecil yang diributkan. Ramai luar biasa. Aa.. Jadi rindu masa itu.. Untung sekarang aku dirumah dan berusaha membuat keramaian sendiri. Tetapi aku hanya bisa menyaksikan sendiri betapa sunyi rumah ini, dimalam hari tapi. Ehehehee tetep!


Untungnya kakak angkat nikahnya sama saudara kandung dan sesama saudara angkat lainnya jadi rumahnya deket sama rumah ortu dan kalo siang masih sering main. Alhamdulillah rumahnya jadi rame. Meskipun sebel juga kalo ponakan main sama anak tetangga didalem rumah dan sering hambur hambur. Pernah aku nemuin isi lemari dikeluarin dan mendapati anak tetangga tidur didalamnya. Pintu lemari lepas terus dijadiin prosotan. Rasanya meluap luap pengen meledak! Ngabisin cemilan pula. Gak papa sih, lagipula kalo udah dimasukin kulkas gak ada yang selera pengen makan lagi. Belum lagi tuh ada anak tetangga yang pipis sembarangan! Terakhir pipis di depan rumah. Lebih tepatnya di sendal diskonananku. Sialan emang tuh bocaahhh....!! Ya Alloh kenapa jadi bahas giniaan...?!

Karena kakak udah pada pindah rumah akibatnya banyak kamar kosong. Tiap malam aku digilir. Eh, maksudnya menggilir. Tidur dikamar yang berbeda tiap malamnya. Tapi aku menemukan keganjilan. Dimana disalah satu kamar aku sering bermimpi buruk. Masa iya, mimpi ketemu setan terus dibaca-bacain malah dia ngikutin apa yang dilafalkan. Tuh setan malah ketawa ngejek, kan serem jadinya.  Padahal biasanya mimpiku indah serta ceria, bahagia sentosa. Setelah aku cerita mimpi buruk, ternyata si Qoyyim juga selalu bermimpi buruk tidur di kamar itu. Kakak pertama mba Anis juga bilang, pernah sholat di kamar itu lalu terlihat seorang anak kecil sedang sembunyi di samping lemari. Selesai sholat mba Anis mau ngagetin anak kecil itu. Tapi ternyata waktu dilihat gada apa apa. 

samping lemari disumpetin kasur

Sekarang aku jadi jarang tidur disana lagi. Bukannya membiarkannya jadi kamar kosong aku tetap meletakkan barangku disana agar aku selalu mengunjunginya dan sesekali sholat disana. Meskipun kadang ada rasa aneh saat memasuki kamar itu. Bukankah kami sama sama ciptaan Alloh? Biarkan hidup bersama asal tidak saling mengganggu dan membuat kesepakatan konyol dengan bangsa tak kasat mata.

Dalam rangka mengurangi kamar kosong, Mama juga berencana membongkar dinding kamar disebelahnya. Tapi, rencana itu belum terlaksana atau mungkin juga dibatalkan karena sekarang sudah dijadikan perpustakaan dan tempat ibadah.

"Mama ini aneh loh. Katanya mau ngurangin ruang kosong tapi kenapa malah sekarang ngeluasin dapur?? Padahalkan sebenernya dapur juga udah luas cuman gegara banyak bangkai yang besar macam beberapa mesin cuci, kulkas, freezer, gajah, badak eh enggak ding ditambah lagi koleksi perabotan dapur yang membahana badai jadi agak sempit. Tapikan masih ada kamar kosong, mending buat gudang. Biar barang di dapur gak terlalu banyak." Sebenernya aku juga heran, kenapa para perempuan kebanyakan masih saja menyimpan barang yang tak terpakai lagi. Menyayangi hal yang telah pergi. Loh kok kayak mantan sih.. jangan ingat jasa yang telah dilakukan, apalagi mengingat cara dan perjuangan untuk mendapatkannya. Jika sudah tidak berguna, buanglah.. lupakan, dan berjuang untuk mendapat yang lebih baik lagi. Bukankah lebih baik membeli barang yang baru daripada harus memperbaiki barang yang sudah rusak??

"Loh! kitakan bentar lagi ada acara." Celetuk mba Rahma sambil ngelirik ke arahku, membuyarkan lamunanku, kemudian dia kedip-kedip genit. Aku jadi tersipu maluu..


14 comments:

  1. Masudnya di gilir itu apa ya mbam ngak ngerti soalnya ^_^

    ReplyDelete
  2. Mimpi buruknya ketemu abang y neng? Eh
    .
    Kalo mw ngurangin kamar kosong
    Mending kamarnya dijual aja neng
    Siapa tw ada yg beli

    ReplyDelete
  3. Kadang sepi justru memunculkan banyak inspirasi..

    ReplyDelete
  4. Wkwkwk duuuh aruuum kurang fokuuus~ wkwkw :p

    ReplyDelete
  5. seru cerita cerita kamar kosong, tapi klo kamar kosong dijadiin gudang, jadi namabah angker keknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu, tapi daripada g dimanfaatin juga..

      Delete
  6. Yaelah... Rupanya ngelamun aja sampe bisa nulis gini. XD Hahahaha.

    Rum, bukankah sebaiknya tempat itu diberikan penerangan yang cukup baik dan dijadikan tempat yang bisa digunakan selalu. Justru, makin dibiarkan, nanti makin rame lho.. XD

    Udh, ah. Serem. Gue lagi di rumah sendiri, lagi. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kurang lama itu melamunnya..

      seharusnya gitu, tapi emang dipakenya waktu siang aja sih kamarnya, buat tempat main anak anak..

      dirumahmu pasti ada juga, entah dibagian mana? kamar mandi pasti!

      Delete
  7. Dulu waktu kecil kamar yg ane tempatin ini juga kosong. Ane juga kalau tidur diruang tamu. Tapi lama kelamaan ane huni jadi betah :D Hehehe

    ReplyDelete
  8. Ngabisin cemilan. Wkwkwk :v

    Aku pas masik kecil jugak bandel gitu, Rum. Main main lemari terus lemarinya ambruk. -_-

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar dengan kata-kata yang baik ^_^