Thursday, 4 August 2016

Hal Hal yang Dilakukan Anak Kosan Ketika Sakit

Pernah gak sih sakit dikosan?? Bagi anak perantauan pasti pernah! Tapi Alhamdulillah sih kalo g pernah sakit. Dokter bilang, sakit itu karena virus atau penyakit karena kebiasaan tertentu. Ahli gizi bilang, karena makanan. Ustad bilang karena cobaan atau gak ya azab. Beuuhh serem amat!! Terserah deh, semua ada benarnya juga. Biar adil. Ehehee..

Ada banyak hal yang biasanya dilakukan oleh anak kosan yang sedang sakit, baik itu supaya lekas sembuh, ataupun iseng iseng seneng. Apa itu??

1. Minum Obat
Hal pertama yang dilakukan adalah minuman obat sesuai gejala. Tapi banyak juga sih orang yang menyepelekan gejala sakit. Kalo udah sakit baru minum obat. Akibatnya sembuhnya tambah lama. 
Termasuk aku, bukan tipe  orang yang suka minum obat. Iya lah! Siapa juga yang suka. Ini berawal dari waktu masih kecil aku suka banget minum obat, padahal gak sakit. Sampe pernah kecanduan dan keracunan. Akibatnya kalo sakit harus pake dosis tinggi, soalnya kalo rendah udah gak mempan. 

Udah kapok minum obat. meskipun sakit jadi jarang minum. kalo gak terpaksa banget. Tapi sekarang Alhamdulillah, minum obat buat bayi aja manjur.

2. Ke Dokter 
Kalo 3 hari sudah minum obat tapi belum sembuh juga, sebaiknya langsung ke dokter.

Jadi ingat dulu pernah sakit cacar air di kosan sampe gak bisa pergi ke dokter, berat di malunya sih sebenarnya. tau sendiri kan cacar tumbuh dimana - mana termasuk muka. Hih !! Serem banget kalo diinget. Apa boleh buat, akhirnya manggil dokter. Dokter panggilan. Eeh 

3. Ingat Orang Tua 
Kenapa ya, kalo dapet musibah selalu ingat orang tua? Hmm aku sendiri atau aku cuma salah satu diantara kalian?! 

Mungkin karena kita semua tau, sosok orang tua itu penyayang, selalu ada saat dibutuhkan dan tempat pulang yang paling tepat. pokoknya orang yang sangat penting dalam hidup kita deh. 

Apalagi Kalo lagi sakit, biasanya orang tua bikin bubur, nyuapin, bantuin  minum obat dan lain sebagainya. Makanya kalo sakit di kos selalu ingat sambil sedih dan berfikir. Seandainya aja sakitnya dirumah. Pasti gak terbengkalai kayak gini. Hikzz....!!

Apalagi dulu aku sakit cacar niatnya cuman ngasih kabar aja, eh malah disuruh beli tiket langsung pulang. Tapi aku gak mau. Alasannya, Ntar gimana diperjalanan jauh?! Bertemu orang orang ditravel, di bandara juga dirumah banyak ponakan. kalo malah mereka semua tertular gimana?? Biarlah aku disini sendiri. Mengasingkan diri. Tidak merepotkan atau malah menularkan virus. Waktu itu juga temen kosan pada masuk waktu liburan dan gak tega ninggalin. Tapi aku lebih merasa bersalah kalo sampai nahan pulang.

Pilihan ke 2, disuruh masuk Rumah Sakit, biar ada yang urusin. Sehat aja aku kerumah sakit bisa lemes. Apalagi waktu sakit?? Mati ketakutan. Gak mau di infus. Katanya kalo darahnya naik, selangnya harus dibersihkan dan itu rasanya sakiit. 

Padahal lumayan kalo mau ke Rumah Sakit, minimal ada yang ngurusin. Apalagi jomblo kan? Nah pas banget. Sekalian memanfaatkan asuransi. 

Tapi, Aku lebih milih pilihan ke 3, yang aku buat sendiri yaitu: dikosan aja, merawat diri sendiri sampai sembuh. 

4. Main Game
Kalo lagi sakit itu kok sering banget merasa jenuh dikosan mulu. Mau kemana mana gak bisa. Ya bisa sih, tapi kalo kenapa Napa gimana? Siapa yang tanggung jawab. Belum diapa-apain kok udah mintain tanggungjawab. Adanya ya kita sendiri yang nanggung susahnya. Pilihan paling pas ya rekreasi dengan main game sampe ketiduran. Sampe laper lagi. Main lagi. Gitu terus sampe sembuh.

5. Tidur Seharian
Anak kosan mah ngapain lagi kalo sakit gak tidur?? Jangankan anak kos, dirumah aja kalo sakit bawaannya ngantuk mulu abis makan dan  minum obat.

6. Nahan Pipis
Sakit bikin males banget beranjak dari kasur. Bawa kepala aja rasanya berat apalagi mau ke kamar mandi melepas hasrat, hasrat ingin pipis. 

Pengalaman banget. Dulu waktu masih awal awal kuliah kena cacar air. Males banget Pipis. Soalnya setiap Pipis rasanya perih. Perih banget. Cacar seluruh tubuh. 

Setiap kebelet, baring baring berusaha mengalihkan perhatian ke hal-hal yang lain. Karena nahan pipis terlalu lama. Akhirnya tetep kebelet juga. Waktu baru bangkit dari kasur, rasanya udah diujung. Bagaikan telur diujung tanduk. 
Crut.. 
duh.. tahan.. tahan... langkah lagi..
Crut.. 
Allahuakbar...! Udah basah.. lepas aja aahh..  
Suur.....
Yak! Aku gak kuat nahan pipis lagi dan. .  Sial banget dah! Jadi terpaksa ngepel kamar saat itu juga. Sakit sakit, Pipis aja ditahan eeh, terpaksa ngepel. Peristiwa yang begitu menyedihkan. Tapi kalo ingat ketawa sendiri, bodohnya..

7. Cari Perhatian
Sakit?? Emang enaknya di Perhatiin siapa aja. Orang lagi sakit biasanya dimanja. Apalagi kalo parah. Lha! Masa mau dimanja kudu sakit dulu?? Ntar kalo kebablasan meninggal gimana?? Ogah. Belum siap deh. Ini pengalaman dari temen temen sih, manjanya Ama pacar. Kalo aku.. aku.. aku jomblo jadi kudu quat......!! 

Hmmm kira kira apa lagi yaaa hal hal yang dilakukan anak kosan ketika sedang sakit...?? Bagi dong pengalamannya... ^_^

41 comments:

  1. Hhaa yaelah si mba nahan pipis karena sakit dan malas beranjak dari tempat tidur jadinya pipis di celana dehh.. mana cewek mh pipis nya gtu lagi mawur kmna2 gak bisa di arahin. wkwkwk.. Gak enak banget jadi ngepel.. huft

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahas banyak kenapa yang direspon yang ini -_-

      Delete
  2. Waduh gak sakit tapi rajin minum obat sampe kecanduan, ya overdosis. Hmm
    Rum, lain kali gak boleh nahan pipis kelamaan, bahaya. Nanti kena batu ginjal. Btw, aku kalau sakit sih lebih suka tiduran daripada minum obat ataupun ke dokter, kadang bisa sembuh sendiri kalau ada yang perhatian, kalau gak ada, ya tambah parah. Huahahaha~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sih emang gak boleh nahan pipis. Selain bisa ngompol bisa batu ginjal. Hih serem.

      Iya, aku juga jarang minum obat kalo g terpaksa banget. :)

      Sembuh nunggu ada yang perhatian? Itu sakit apa?? Kangen?? :D

      Delete
    2. Iyah, serem. Hih
      Dua-duannya, sakit kangen. Bhaks xD

      Delete
    3. Sakit kangen, butuh perhatian huahahaa....

      Delete
  3. bahahaaa... haduuhh rumm nahan pipis, sampe kek gitu ya.
    kalo sakit mah udah pernah dulu sampe males banget buat ngampus.
    iya sih ku juga gitu rum kalo sakit ke inget orang tua, terutama ke ibu. orang gak sakit kok malah seneng minum obat, keren masa kecilmu ya rum dimana anak kecil suka permen kau malah suka obat. hahaaa..

    kalo sakit sendirian di kost gak ada yang perhatian yaudahlah yang ada jamuren di kos.
    bukan sakit karna ke inget kenangan sama mantan kan, untung dokter, ahli gizi, ustad gak ada yang ngomong gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya males ngampus. Tapi g bisa ngampus.. :)

      Iya, soalnya kalo sakit ibu yang paling perhatian :')

      Iya, suka banget obat. Apalagi inzana rasa jeruk:D

      Nah itu sakit dikosan itu paling menderita,makanya lebih baik manfaatin asuransi:)

      Hmm.. kalo keingat mantan jangan lupa makan dan lainnya. Biar g sakit hehehe

      Delete
  4. Tolong jelaskan kalo obatnya berbentuk tablet gimana cara minumnya
    Disitu tidak dijelaskan meminum pakai air
    Kalo engg pake air kan seret

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo khusus si Niki mah, cara minum obatnya pake air sama sianida aja, langsung sembuh pasti. *eh

      Delete
    2. Iya, dijamin sembuh selamanya. Hahahahaakk

      Delete
  5. Hahahah
    iya pasti berasa banget ya, kalo lagi sakit di kosan senidrian. :(
    jadi inget kalo dirumah sakit ada ibu yang ngerawat dan nyiapin macem-macem. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sangat!!

      Sebaiknya jaga kesehatan dan jangan sampai sakit dikosan. G ada yang urusin ntar :'(

      Delete
  6. kalau gue jarang banget sakit, paling sering sakit perut doang karena hobi makan cabe.

    kalau sakit perut ini paling malesnya bolak balik wc, dan dikatakan sakit yang butuh istirahat juga engga hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sakit perut gegara makan cabe? Burit panas pasti bhahahakk..

      Delete
  7. Kalo no 4, 6 dan 7 jarang sih, gue lakukan. Soalnya kalo sakit emang beneran sendiri di kostan. Nah, paling yang sering gue lakuin minta tolong saudara yang agak deket buat beliin obat. Kalo gak bisa, ya gue sendiri yang nyari. Itupun pas kondisi gue udah mendingan baru beli obat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak ada sodara ya.. agak mending baru minum obat? Tinggal sembuhnya aja tuh.. :)

      Delete
  8. Biar nggak ngompol di celana atau di kamar ketika nahan pipis akibat sakit jadi mendingan sedia ember di dekat kasur hehehehehe :D

    Minum obat paling sering dilakukan.... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. G lah, bagusnya jangan nahan sampah dalam tubuh. :)

      Bagus, biar langsung sembuh. :)

      Delete
    2. Iya nanti pipisnya ke ember dik... :D

      Delete
  9. Yarab, minum obatnya kuat juga waktu kecil, sampe kecanduan sama keracunan, untung gak keluar busa huahaha.. canda.

    oh, seperti inikah kehidupan anak kost,hmm.. keknya gue bakal ngalamin ini.

    Btw, sakit sampe nahan pipis keknya belum pernah ngalamin deh ya, kalo mo pipis naluri aja gitu, langsung kekamar mandi, kecuali penyakit kronis hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, hampir mati juga tuh kayaknya kalo g dapat pertolongan.

      Good luck! Sediakan obat-obatan ringan untuk pencegahan sakit. :)

      Iya, itu emang aku dulu susah bangun, demam tinggi. Kalo g di paksa banget g bangun. :(

      Delete
  10. Dari semua poin, aku paling ngilunya yang nahan pipis. Mending disuruh nahan kangen deh daripada nahan pipis, Rum :(

    Ini kamu udah balik ke Malang kah? Atau gimana? Mudahan nggak sakit lagi ya. Huhuhuhu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahan kangen? Gak ada enaknya juga Cha..

      Belum, ini masih di Rumah. Ntar baliknya 21 Agustus :)

      Delete
  11. hemmm Kok ada Nahan Pipisnya ya, Emang gitu ya... Maklum belum pernah ngerasain hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dan beberapa temen yang sakit agak parah begitu..

      Delete
  12. banyak berdoa pastinya dan tetap sabar..hehe

    ReplyDelete
  13. Duh nggak bisa ngebayangin, gimana rasanya pas sakit jauh dari keluarga :-(

    ReplyDelete
  14. Pernah sih ngurusin orang sakit... Sama2 anak rantau.. Ampe sekarat ditolongin.. Tapi udah sembuh malah gak tau diri 😭

    Ya allah napa jadi curhat gini 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar. Semoga Allah memberi rejeki yang baik untukmu dan dimudahkan segala urusanmu :)

      Delete
  15. Wah, point nya sama nih dgn ku, tapi si ga pake ngompol, hihi :D
    yang paling penting ya jelas minum obat lalu tidur klo saya, hehe klo ke dokter mah optional. Saya lebih sering nya ke tukang pijat klo sakit, enak si abis dipijetin trus dibawa tidur dh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh... akhirnya ada yang sama juga.. jangan sampai ngompol. Gak enak ngepelnya.. :D

      Delete
  16. Bener banget tuh. Tiba-tiba kebayang kalo pas lagi sama orangtua ada di rumah pasti enak banget. Tapiii... aku malah biasanya sebisa mungkin orangtua gak boleh tahu. Soalnya pasti diomelin. Muahahah. \:p/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, kesian. Udah sakit diomelin. Ckckckk

      Delete
  17. aku bukan anak kos nih, seringnya nebeng :p tapi tau dah rasanya sakit gak ada yang ngurusin. Cuman kan artinya kita malah bisa jadi mandiri dong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tapi sedih. Gak ada yang ngurusin. :(

      Delete
  18. Cuman Nomer 5 yang pernah saya alami.
    Gak pernah minum obat, gak pernah ke dokter dsb. Haha maklum, kalo sakit, penyakitnya gak pernah yang mewah-mewah :)

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar dengan kata-kata yang baik ^_^