Friday, 17 October 2014

Langkah Langkah Menuju Kesuksesan


Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Mungkin bagi sebagian besar warga Negara Indonesia belum tau siapakah sebenarnya Arif Wisnu Muhammad?!
Tapi bagi kami warga sekolah Al-Mujahidin Boarding School pasti tak asing lagi dengan nama ini. Seorang murid dan juga santri lulusan SMAM 2 Al-Mujahidin yang baru saja diterima menjadi seorang mahasiswa di Al-Azhar, Kairo.

Kini ini bukan mimpi baginya..
Makasih ya Allah sudah mengabulkan do’a kita semua…


Bagi kami itu merupakan prestasi yang luar biasa. Akhirnya ada lulusan Al-Mujahidin yang melanjutkan study disana. Alhamdulillaaah….


Arif Wisnu Muhammad (kiri) dan Temennya (kanan)..

Semenjak kesuksesannya diterima menjadi seorang mahasiswa, nama Arif Wisnu di kenal dan sepertinya memiliki banyak fans atas keberhasilannya. Kuliah di Kairo coy! Pasti orang tuanya bangga banget.
Sampai pernah suatu ketika aku melihat fansnya mengupload percakapannya dengan sang idola (Wisnu) di sosmed. Terkadang ulah para fans terlihat sangat menggelikan hahahaa. Maklumin ajalah, namanya juga ngefans.
Berbicara mengenai kesuksesan. Sebenernya apa sih sukses itu? Bagiku sukses itu sederhana, yaitu mendapatkan apa yang kuinginkan. Seperti ketika aku ingin makan. Dimulai dari mengambil piring, nasi, dan lauk pauk itu juga termasuk kesuksesan kecil dan kesuksesan besarnya adalah saat menikmati makanan tersebut.
Untuk lebih jelasnya, marilah kita tengok langkah-langkah menuju kesuksesan berikut ini :

1. Menyiapkan Langkah yang Akan Diambil, Kendala, dan Solusi
Tujuannya agar mengetahui yang akan  dicapai dan siap menghadapi kendala dengan solusi yang telah difikirkan secara matang. Misalnya aja Tono dan Toni sama-sama pengen punya pacar. Tapi si Tono gak ada yang ditaksir. Sedangakn si Toni naksir sama Tina.
Toni punya tujuan untuk pacaran sama Tina, maka dia menyusun rencana secara terperinci untuk nembak Tina. Mulai dari kenalan, PDKT, sampai jadian sama Tina. Enggak cuma itu, Toni juga mengantisipasi kendala dan solusinya. Dari beberapa kendala yang Toni perkirakan, dia menyiapkan rencana cadangan. Rencana cadangan berguna saat rencana awalnya gagal.


 2.  Memantapkan Keinginan
Yakinkan diri sendiri sebelum meyakinkan Tuhan atas keinginan yang akan dicapai. Bagaimana mungkin Tuhan yakin jika diri sendiri ragu atas apa yang diinginkan.
Tina yang cantik atau Tini yang sexi?! Nah, loh. Bingung gak tuh jadi Toni? Apalagi jadi Tuhan. Eeh..

 3. Bertindak
Bertindak adalah cara memantaskan diri untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Jangan pernah takut yang namanya gagal, karena kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Kalimat ini udah sering banget terdenger sampe rasanya agak basi. Dan katanya “Setiap orang memiliki jatah kegagalan maka, Habiskan waktu kegagalanmu dimasa muda” begitulah kira-kira bunyinya, Entahah.Sebenernya sih sudah lama Toni suka sama Tina.  Tapi Toni belum pernah punya nyali buat kenalan. Karena Tina susah diajak kenalan. Hari ini Toni sudah membulatkan tekatnya untuk mengajak kenalan Tina. Saat pelajaran olahraga Toni melancarkan aksinya, menyembunyikan sepatu Tina. Namun na’asnya malah mantannya yang nemuin sepatu Tina. Untung Toni memiliki rencana cadangan yaitu meminjam pulpen Tina.
“Kamu sekolah bawa cangkul?”
“Duh, mak apes. Pelit.”
Rencana satu dan dua gagal mutlak. Akhirnya Toni mengeluarkan jurus dadakan.
“Duuh!! Siapa sih kentut baciin banget!?”
“Aku, Toni Sutina!” jawabnya senang. Akhirnya kamu yang malah ngajak aku kenalan. Hidung Toni pun kembang kempis, tanda dia tersenyum senang.
kemarin udah kenal, sekarang PDKT ah. Malamnya pun dia menelfon Tina.
“Halo. Siapa ya?”
“Masak lupa? Kan tadi kamu yang ajak aku kenalan?!
“Gak pernah tuh?!”
Lalu Tina menutup telfonnya.

4.  Lakukan Berulang-ulang
Batu yang keras aja kalo ketetesan air terus menerus bolong. Apalagi keinginan. Hal itu pula yang dilakukan Toni, selalu menelfon Tina meski gak pernah diangkat alias dicuekin.

 5.  Berdoa
Berdo’alah untuk semua yang diinginkan. Karena Allah memiliki kekuasaan penuh atas dunia dan jagat raya ini.
Setiap hari Toni berdo’a atas keinginannya. Terkadang Toni sengaja mengoles balsam di pipi sebelum berdo’a agar dapat menangis dalam do’anya.

 6. Bersedekah
Sedekah itu memiliki banyak keajaiban. Siapa tahu aja keinginan dapat terwujud melalui keajaiban sedekah.
Sabtu siang itu matahari sedang bulat-bulatnya, panas dan sangat terik. Toni melihat ada seorang anak kecil nangis-nangis di pinggir jalan kayak habis nelen bakso semangkok mangkoknya. Setelah bertanya, ternyata anak kecil itu kehilangan uang saat akan membayar es capucino cincau atau disingkat capcin kesukaannya. Tanpa bosa-basi Toni beliin es capcin untuk adik yang malang tersebut.
Malem minggu yang ditunggu-tungu kaum jomblo akhirnya datang juga. Toni memaksakan diri main ke rumah Tina. Padahal Tina udah bilang gak bakal mau bukain pintu. Akibat kenekatannya, Toni digebukin satpam rumah Tina dikira maling. Yah, mungkin itu juga sebagian dari tujuan Toni untuk membuat Tina iba. Untung ada seorang anak kecil yang datang menolong. Ternyata anak kecil itu adalah anak yang tadi siang dikasih capcin dan ternyata dia adik Tina. Dengan bantuan Andi adik Tina, PDKTpun mengalir dengan indahnya.Setelah dirasa cukup mengenal Tina. Akhirnya pada hari minggu berikutnya Toni mengajak Tina ke Taman.
“Tina aku suka kamu.”
“Tapi Aku sudah menganggapmu seperti sahabat baikku.”
“Aku juga.”
“Juga menganggapku sahabat?”
“Bukan, tapi pacarku.”
Merekapun tersenyum bahagia.***

 7.   Bersyukur
Bersyukur untuk hal yang kecil akan membuat Allah percaya untuk memberikan nikmatnya yang lebih besar.
Mungkin sekarang Toni Cuma bisa macarin Tina, tapi mungkin suatu saat dia bisa mendapatkan Angelina Jolie.

Gimana sama si Tono? Lah yang ditaksir aje gak ada terus siapa yang di tembak?! Mungkin si Tono lebih memilih membahagiakan pacar orang. Eeh..
Jadi intinya, tujuan itu penting. Tanpa tujuan tak akan ada langkah-langkah menuju kesuksesan.
Sertakan Allah dalam setiap keinginan. Jangan malu apalagi takut untuk meminta segala sesuatu kepada-Nya. Ingat! Allah itu Maha Kaya. Tiada yang tak mungkin jika melibatkan-Nya.
Maka dari itu, marilah kita berdo’a bersama….


Ya Allah, jika memang setiap mahluk di dunia ini memiliki bagian peran penting. Tunjukanlah peran kami dan bimbing kami untuk menjalaninya..
Ya Allah.. 
Tolong bantu kami membuat-Mu bangga karena telah menciptakan kami. Engkaulah Tuhan yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, dan tak ada suatu kejadian didunia ini tanpa seizin-Mu. Maka izinkan dan kabulkanlah keinginan kami ya Robb. Tuhan semesta alam…….!!

“ALLAHUMMA INNI AS’ALUKA BI ANNI ANTASYHADU ANNAKALLAHU AHADUSH-SHAMAD ALLADZI LAM YALID WA LAM YULAD WA LAM YAKUNLAHU KUFUAN AHAD”


----------------------------------------------
Yakinlah, Segala sesuatu yang kita inginkan dan usahakan pasti akan jadi milik kita. Libatkan orang tua (ortu) kedalam pilihan atau keinginan hidupmu. Karena jiwamu juga milik mereka (orang tuamu). Yah, meskipun terkadang jalan yang kita pilih sebenarnya berbeda. Ortu ingin kita anaknya, bahagia dengan pilihannya. Perbedaan itu bukan masalah, karena beda itu indah. Perbedaan mampu menciptakan pembahasan. Jadi, disitulah sebenarnya kesempatan kita untuk lebih dekat dengan ortu, serta meyakinkannya atas pilihan kita.  
Bukankah ridho Allah terletak pada ridho orang tua?

Ma, Pa, izinkan aku membahagiakanmu dengan caraku..

Tapi beda lagi kalo ortunya kaya yang di tv, udah gak peduli, jahat pula, nanti kalo meninggal mayatnya di sumbangin aja ke fakultas kedokteran. Siapa tahu nambah pahala. Eeh, jangan ditiru. Adegan berbahaya!

Oke, untuk para fansnya adikku. Haa.. adik?! Iya, adik kelasku dulu. Apapun deh itu. Pokoknya makasih banyak ya? Dan sebagai tanda terimakasih aku akan memberi sesuatu dari  sang idolamu atau mungkin kau lebih suka menganggapnya sebagai seseorang yang kau kagumi. Terserah ^_^


Ini biodatanya Wisnu. Katanya kalo kurang bilang aja, hehehe

Semoga dengan keberhasilannya dapat mencambuk semangat kita semua, khususnya warga sekolah Al-Mujahidin Balikpapan sendiri. Terimakasih sudah menyempatkan diri membaca. Maaf jika ada kata dan kalimat saya yang kurang berkenan di hati. Wassalamu’alaikum Wr.Wb

24 comments:

  1. Replies
    1. Oh iya jelas lah.. Aku aja yang cuma kakak angkatnya, eeh kakak kelasnya aja ikutan bangga.. Hahaha..

      Delete
  2. Replies
    1. Iya bener banget tuh.. semoga cepat berhasil :-)

      Delete
  3. yang penting prosesnya. karena banyak juga yang studi keluar, dateng2 malah membawa faham yang tidak jelas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, proses itu sangat penting, untuk menghargai kesuksesannya..
      Insya Allah dia tidak seperti itu..

      Delete
  4. tips yang bagus mbak sangat inspiratif. saya copas dulu mbak mau disimpan

    ReplyDelete
  5. aku nggak kenal neng, cie-cie yang sudah punya biodata aslinya*keselek bakso*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kakak Amri kan bukan warga SMA-M 2 Al-Mujahidin, balikpapan jadi sangat di maklumi..

      Ya Iya dong. Aku kan kakak angkatnya, eeh kakak kelasnya hahaha

      Delete
    2. Balikpapan berasap tidak? aha bermula kakak kelas naik jadi kakak angkat, lalu jadi.....*sensor*

      Delete
    3. Hmm kayaknya enggak kak.. Aku juga kurang tau.. soalnya sekarang ada di tanah perantauan.. hehehe

      Lalu jadi jodoh yaa?? Aamiiin Aamiiin ya Rabb.. Hahaha

      Delete
  6. biodatanya kurang jelas, coba di ketik ualng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan, ntar naksir.. nambah deh saingan aku eeh hahaha

      Delete
  7. mabruk ...! smoga ilmunya bermanfaat bagi dirinya, keluarganya juga dibagikan utk kemaslahatan ummat.
    menambah iman n taqwa, lancaarr --- insya Allah.
    terimakasih artikelnya ... ayo ikuti langkah2 menuju kesuksesan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin Aamiiin ya Rabb..

      Ayoo... mari bersama menyambut kesuksesan... :-)

      Delete
  8. Lakukan berulang-ulang, iya benar. Harus sering-sering praktek. :D
    Hm, agak bingung soal si Tono, Toni, dan Tina itu. :/
    Yoeeeh, sedekah membawa keajaiban. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan ada juga istilah bisa karena biasa..

      Bingung ya? Apa aku yang kurang bisa menjelaskan?! Lain kali aku akan belajar menulis lebih baik lagi :-)

      Bener, sedekah membawa berkah :-)

      Delete
  9. artikel tentang kak Wisnu yang keren dan cerdas pandai ini memang sangat menginspirasi saya sebagai pemuda yang memiliki cita-cita setinggi langit ini.
    terimakasih pencerahannya yah, doakan saya jadi pemuda yang bisa mengikuti jejak kak Wisnu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, terimakasih atas kunjungannya.. :-)

      Semoga Tuhan mempermudah untuk menggapai cita-cita yang mulia.. :-)

      Delete
  10. Banggabanget.
    Keren tipsnya. Boleh diterapin nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, silahkan diambil manfaatnya.. :-)

      Delete
  11. jadi motivasi bagi yang ingin meraih sukses.
    langkah-langkahnya berguna banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mari menuju kesuksesan bersama :-)

      Delete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar dengan kata-kata yang baik ^_^