Saturday 29 April 2017

Bali, Aku Ingin Kembali!


Pose dibelakang  orang pose 

Whaaaa.......!!! Balii...!! Aku hampir  tak percaya  ini. Akhirnya  aku bisa ke Bali juga. Melihat langsung  ke indahannya. Selama ini hanya  bisa melihatnya di acara tv atau ftv. Setidaknya  itu hal  yang aku  fikirkan ketika  pertama  kali menginjakkan kaki di Bali saat akhir tahun 2011. Perayaan tahun baru 2012 di Bali!! 


Aku suka Bali dengan sejuta keindahannya.  Keindahan  alam maupun purenya memang tiada duanya. Unik unik buanget! 


Gapura  purenya keren!


Setiap pagi ada yang ngaji ala Hindu. Terus di depan  toko toko banyak sesembahan bunga dan bule yang cakep cakep. Ini yang terakhir bikin kangen, jadi malu. Halah!

Aku juga kangen kuliner di  Bali. Ngerasain ayam betutu yang bumbunya banyak banget. Ayam jumbo atau orang nyebutnya ayam kalkun. Rujak kuah pindang yang endes surendes. Ya ampun! Jadi mendadak ngiler gini. Bahas yang lain aja deh. Jangan makanan  mulu. Ntar yang  ada jadi mendadak laper lagi. Padahal  baru makan. 

Hmmm... lapangan  Renon sekarang  kayak apa ya? Apakah sama seperti  dulu ataukah  ada yang  berubah?! Jelas  berubah  dong. Kan penjualnya nambah. Nah, kan jadi keinget lumpia dipinggir  lapangan  Renon. Glek!

Alamak saking udah lamanya sampe agak lupa dulu pernah jalan ke mana aja, ngapain  aja sama siapa aja. Agak nyesel  juga dulu gak cepat  ditulis. Dua minggu disana tapi malah  banyak  yang  terlupakan.  Gegara terlalu  banyak  kenangan, halah!

Mungkin  kalo  ada yang  cerita tentang  Bali kemana dan ngapain  aja. Aku  baru ingat  dikit  dikit  sih. Meskipun  aku  orangnya  pelupa  tapi akan selalu  teringat  tentang  kebaikannya keluarga  Intan. Karena aku berusaha menerapkan pepatah "Tulislah keburukan  orang di atas air dan kebaikannya di atas batu" begitulah. Mereka semua  menyambut  aku dengan  ramah.  Prinsipnya, kalo baik sama orang akan mudah diterima  dimanapun  berada. Hmm bener juga  sih. 

"Anggap aja rumah  sendiri" gitu  bilangnya.  Tapi ketika  aku bantu masak, nyuci piring sampai nyuci baju, mereka  jadi heran.  Lah gimana  sih?! Katanya  suruh  anggap  rumah  sendiri. Giliran  aku berlaku selayaknya  di rumah sendiri malah  heran. Untung  aja aku tau diri dikit gak langsung minta sertifikat rumahnya. Lagipula  sebenarnya aku kesian  sama Intan, mesin cucinya lagi rusak  jadi ngucek manual. Padahal  kalo di rumah  mati listrik aja aku gak nyuci, males ngucek. Masa di kosan ngucek di rumah juga ngucek?! Males ah males. Tapi aku bisa lebih  rajin kalo di rumah  orang.  Mungkin  ini yang namanya  pencitraan. Hahahanjir....!!

Rumah  Intan  adalah  rumah  pertama yang aku singgahi dari sekian banyak  temenku. Dulu waktu  SMA aku belum  pernah  main ke tempat  teman yang  rata rata emang di luar kota. Karena aku sendiri kalo liburan ya pulang kampung. Jadi sebenarnya  aku juga  gak ngerti  kalo di rumah  orang  mesti  ngapain?? Selain  bantu ngerjain kerjaan rumah. Akibatnya aku ngintilin kemanapun Intan pergi dan ngapain  aja dirumah. Aku hampir  tidak pernah  memberikan celah Intan sama keluarganya tanpa aku.  Hmm kesian ya?? Jadi gak bisa ngomongin aku dari belakang?! Duh, aku jadi enak dan gak perlu memikirkan  hal yang  iya iya.  

Pokoknya  aku sangat sangat terimakasih sama Intan  dan keluarganya.  Makasih  sudah ngajakin  aku keliling  pulau Bali dari ujung ke ujung dan makasih  sudah menerima  aku dengan  baik. Makasih  buanget....!! Saking senengnya tuh ya, rasanya pengen banget teriak "Bali, aku ingin kembali!! Apalagi keluarga  Intan bilang "Jangan  kapok kesini ya?!"  Tentang ke mana aja aku ke Bali bahas lain kali aja ya.. Terlalu  panjang 2 minggu diceritakan  disini semua.  Ehehe 

Intan, makasih banyak yak?! Udah ngajakin  keliling  Pulau  Bali. 

24 comments:

  1. Waaahhh aku juga pengen punya temen kayak Intan :D.... Iya, Arum, kenangan kalo nggak segera dituliskan, pasti banyak lupanya,,,paling nggak di catat duu di jurnal travelling, kalo sempet baru nulis, :D
    Btw, saat di Indo, tiap tahun aku ke bali, soalnya bokap kerja di sana. Tapi aku kok nggak begitu suka Bali ya? terlalu banyak bule, turistik,
    sekarang aku percaya, ternyata bukan Bali nya yang nggak aku suka, tapi kenangan aku di sana yg gitu2 aja,,,coba ada teman kayak intan,,,loh?

    Btw,,,senang baca tulisan ini, apalagi paragraf tentang makanan...ngecesss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bahagia punya temen kayak dia. Kalo lama gak ditulis bakalan lupa.

      Kalo biasa ke sana bakalan biasa. Karena rasa istimewa itu ada ya karena jarang kesana. Apalagi yang tinggal disana pasti juga gak ngerasa istimewa banget kayak kita yang berkunjung untuk liburan ini 😁

      Padahal gak nyantumin foto loh.. 😁

      Delete
  2. Wah mantep tenan mbak Arum :D
    aku ke Bali Alhamdulillah dulu pas staditur jaman SMA. Hahaha

    ReplyDelete
  3. Lebik baik ngucek sendiri Mba, jadi terasa perjuangannya...hehe
    Tapi kalau langsung minta surat tanah gak baik itu, kecuali kalau mau pulang aja, Mba..haha

    Meskipun pelupa tapi kalau kebaikan selalu teringat ya, Mba. Makannya Begitupun aku, berusaha tidak benci sama orang, alasannya karena pernah berbua. Sekalipun pernah menyakiti. Tapi disaat membuat senang, disaat itu juga aku bisa tersenyum :)

    Wah Intan baik banget ya, mau ajak keliling. Tulisan ini benar-benar jadi kenangan ya, Mba. Dengan ditulisakan akan bisa dibaca di suatu saat nanti :)

    Bali. Ya, Bali udah gak asing banget di telingaku. Tapi aku belum pernah kesana. Semoga dilain kesempatan bisa kesana, eksplor seperti Mba Arum..aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah! Andi, meskipun Kamu berkata picik, tapi kamu baik juga ya?! 😀

      Iya, baik banget dia mah. Beruntung deh aku 😊

      Aamiin ya Robb. Semoga Andi bisa kesana 😊

      Delete
  4. Itu sama intan keliling pulau Bali

    Boleh tw g berapa langkah kaki keliling pulau bali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan tanya aku berapa langkah kaki keliling Bali. Tapi tanyakan saja siapa yang setia menemani?!

      *Intan

      Delete
  5. Bali memang bikin kangen..
    Semoga bisa ke Bali lagi lain waktu:)

    ReplyDelete
  6. Jadi pingin ke Bali lagi liatin bule berjemur.. hahaasayyy.

    Iyaahh bahas kuliner yang bikin aduuhhh... pingin makan.

    Hahaaa... aku ngintilin ada aja kau ini Rum. Eh tapi aku juga gitu pas kerumah temen, serba bingung mau ngapain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada ketertarikan tersendiri rupanya 😂

      Iya, jadi pengen makan ntar. 😁

      Nah sama aku juga bingung itu.. ehehe

      Delete
  7. Ini blogger-blogger pada jalan-jalan seru amat ya. Bikin ngiri aja. Hahaha. Aku nggak pernah ke Bali. Tapi kalo denger cerita temen yang pernah ke sana, salut aja gitu. Jauh dan mahal kan dari Jakarta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya liburan aja kalo mau, jangan ngiri gitu. Ehehe

      Iya juga sih. Nabung biar bisa kesana 😁

      Delete
  8. Balii.. Aku juga pengen ke balii.. Kalau mau kebali lagi ngikut ya.. Ciahhg.. Itu lo pura, makanan ama bulenya bikin gimana gitu.. Hmm.. Hikz.. Hikz.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngikut? Kita kan dari tempat yang beda 😛

      Gimana gimana?? Hayooo

      Delete
    2. Walau pun kita berbeda tempat. kan. Tujuan kita sama !

      Mau ngeles yaa ? 😁

      Delete
  9. Wah Bali. Btw emang kalau di rumah orang bawaannya pengen rajin gitu. Padahal kalau dirumah yaampunmales. Hahaha
    Intinya sih seenggaknya biar orang ngga ngomongin kalau ortu kita nggak bisa ngedidik anak. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya juga sih. Terkesannya rajin. Nama ortunya jadi gak tercemar dan orang yang di ikutin berani nawarin nginep lagi. Eeh loh..

      Delete
  10. Tapi beneran deh. Kalo di rumah orang emang bawaanya rajin gitu. Di rumah sendiri atau indekos gak tau kenapa pasti males. Wqwq.

    Asyik punya temen di Bali, ya. Gue kayaknya belum ada temen di daerah sana. Dan belum pernah ke sana. :')

    ReplyDelete
  11. Asik ya, kapan ya saya bisa ke Bali.

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar dengan kata-kata yang baik ^_^