Tuesday, 20 November 2018

Tips Mencari Kos Kosan atau Tempat Tinggal Yang Nyaman dan Kekinian

"Apa?"
Nyari kos atau tempat tinggal yang nyaman itu susah banget! Sesusah nyari pasangan hidup yang serasi. Daripada nantinya sibuk pindahan karena gak nyaman mending sibuk nyari nyari info dulu ye kan?!  Anda datang kemari adalah pilihan yang tepat. Terlepas dari sengaja atau tidak untuk mengklik link ini. Karena Tuhan pasti pemilik rencana itu. Semoga pengalaman saya tinggal dikosan selama 6 tahun dan 6 kali pindah juga bisa membantu ya.. 

1. Strategis
Yhaa.......!! Ini adalah hal yang tidak boleh diremehkan. Ingat tujuan kos atau mencari tempat tinggal itu apa? Oleh karena itu, pilihlah tempat yang menunjang segala kegiatan keseharian kita. Seperti dekat dengan kampus, kantor, pasar, supermarket, tempat nongrong dan lain lain sesuaikan dengan kebutuhan. 

Kalo masih sekolah atau mahasiswa dan tidak membawa kendaraan ya sebaiknya mencari kos yang dekat dengan sekolah atau universitas. Kalo perlu nyari kosan yang pagarnya yang nempel di pager kampus. Asli ini mah pengalaman saya banget dah! Hahaha

2. Fasilitas
Tanyakan semua fasilitas yang disediakan. Kemudian carilah kos atau tempat tinggal yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya untuk keperluan sehari-hari butuh Wi-Fi biar kalo ada tugas atau pekerjaan gak perlu ke warnet. Buat yang hobby masak atau mau hidup hemat ya carilah yang ada dapurnya. Tanyakan juga air berasal dari mana? sumur atau PDAM? Apalagi buat orang yang sering alergi air. Cek airnya seperti apa? Jernih atau keruh. Apakah selalu lancar? Ini sangat penting, manusia butuh air. Selain air, tanyakan juga keadaan toilet. 

Dulu waktu nyari kos pertama kali keran di toilet gak berfungsi jadi kalo mau ke toilet mesti nampung air dulu di luar. Kan gak lucu kalo lagi sakit perut harus nungguin air dulu. Maklumlah masih polos polosnya sampe masalah sederhana aja gak paham (gak kepikiran). Saya pikir ya semuanya akan baik baik saja termasuk toilet. Eh, taunya gitu. Ini adalah salah satu alasan pindahan dari kosan pertama saya. Setelah 6 bulan tinggal (pindahan sampe masa sewa habis). 

Listrik juga demikian. Apakah sering dapet pemadaman bergilir? Biasanya berapa lama?

Ataukah disediakan atau ada yang bertugas bersih bersih? Sehingga kita tidak perlu menyusun jadwal piket kos yang mengakibatkan sering terjadi ketidak-enakan. Ini sudah pengalaman pribadi loh. Makanya kalo nyari kos harus selalu ada petugas kebersihannya sendiri. Pokoknya jangan ada piket diantara kitalah. Hahahaaa

Bagi yang bawa kendaraan juga wajib banget untuk nanyain garasi. Supaya aman terkendali.

3. Harga
Ini sih penting banget gitu. Soalnya emang semakin lengkap fasilitasnya semakin mahal juga harganya. Makanya kita harus pandai memilah milah mana yang penting dan mana yang enggak. Jangan lupa juga bandingin sama kosan lain terkait harga, tempat, sampe fasilitas barulah pilih yang cocok. Jangan sampe ada penyesalan di kemudian hari.

Ini adalah alasan saya pindah dari kosan ke-2. Fasilitas oke banget! ada Wi-Fi, Asisten, Dapur, Kulkas. Disamping ada Alfa-mart di bawah ada penjual lalapan, es fenomenal, di depan jalan utama dan seberangnya ada warteg yang enak, bukanya 24 jam! 

Tapi sayang.. Mahal.. Maahal kalo di tempatinya sendiri. Dulu karena temen sekamar pindah jadi ikutan pindah. Meskipun ortu tetep nyuruh tinggal disitu. Tapikan sebagai anak yang pengertian (ciee pengertian) sebisa mungkin menghemat pengeluaran, gitu. Soale biaya praktik saya udah banyak! Ehehee

4. Aman
Sebaiknya tempat yang dipilih HARUS AMAN. KENAPA?? Masa iya sih ada orang pengen tinggal di tempat yang rawan perampokan, begal, banjir. Jangan sampe ketika hujan lebih banyak genangan daripada kenangan. EEHHH!!

5. Teman?!
Cari tau siapa aja yang tinggal disitu. Mahasiswa? Mahasiswi? Pekerja (apa??). Bagi saya yang beragama muslimah tentu lebih melilih tempat tinggal yang berkelamin sejenis. Saya juga lebih suka tinggal di tempat yang berlingkungan "orang-orang yang baik".

6. Lokasi
Sebaiknya sebelum memutuskan untuk tinggal harus tau dulu lokasinya. Mudah di cari gak? Susah jaringan gak? Mesti masuk gang sempit dulu gak? 

Kalo perlu juga cari tau tentang sejarah bangunannya. Dulunya tanah lapang atau tanah kuburan? Horor apa gak??

Ini juga pengalaman saya banget! Gak tau kalo dibelakangnya ada KUBURAN. Eh, sorry caps lock! Beberapa hari gak nyadar. Waktu itu jadwal kuliah emang padat dan jadwal kegiatan yang lain juga. Jadi emang jarang di kosan. Makanya cucian malem dan waktu jemur ada rasa gimana gitu. Sadarnya ketika udah sekitar semingguan gitu penasaran suasana loteng di kosan baru. Setelah lihat kiri-kanan dan belakang... EEEH!! TERNYATA ADA KUBURAN DONG! Sorry ngegas. Remnya lagi blong.

Mungkin bagi sebagian orang gak masalah gitu ya. Kan cuman kuburan doang sih. Orang yang udah meninggal gak bakalan balik hidup lagi. Tapi.. Gimana ya.. ada gitu orang yang masih hidup ngasih sesajen sama yang udah meninggal dan itu yang bikin jin seneng dan pada betah gitu. Kan sebagai manusia biasa jadi takut kalo ada jin yang iseng mampir, gitu. Yah.. Gitulah.. 

7. Peraturan 
Tau kan, dalam hidup pasti ada yang namanya peraturan. Baik yang tertulis maupun yang gak tertulis. Disini akan bahas yang tertulis aja. Karena yang gak tertulis adalah Ghoib, hedew! Gak sih. Cuman yang gak tertulis itu biasanya butuh kesadaran dari masing masing dan banyakan orang kesadarannya kurang. Jadi alangkah lebih baiknya ditulis sajaa..

Dari awal harusnya tanyakan ke pemilik apa aja peraturannya? Misal boleh bawa temen. Kalo temennya beda gender cuman boleh di luar. Bawa temen nginep boleh gak? Paling malem pulang jam berapa? 

Bagaimanapun terkadang kita hidup merasa terkekang sama peraturan dan kadang juga sebenernya peraturan itu juga dibuat untuk  melindungi diri kita sendiri.  Jadi, pentingnya tahu peraturan ya biar bisa belajar menyesuaikan. Kalo ngerasa gak sanggup gak usah maksain dari awal. Daripada pindahan di akhir. Capek mindahin barangnya -__-

Menurut Anda gimana? Apa lagi yang perlu di perhatikan dalam memilih kosan atau tempat tinggal? Boleh dong bagi pengalamannya.. ^__^

Jaman dulu kita harus punya kenalan atau nyari tau sendiri tentang info kosan atau tempat tinggal. Tetapi sekarang ada beberapa web dan aplikasi yang memudahkan sekali untuk nyari kosan. Apa aja sih itu??

Cocok banget buat yang mau menghemat. Jadi, ini penghuninya share room, gitu. Tapi ini mesti hati hati juga sih. Jangan sampe niatnya mau menghemat malah sekarat. Karena berbagai hal. Yah, you know lah...

Kabarnya sudah sukses untuk membantu para maba mencari kos impian di daerah Surakarta. Gak percaya?! BUKTIKAN! 

3. kos-hunt
IDN TIMES

Selain penyedia informasi kosan, juga bisa menjadi jasa angkutan, bersih-bersih sampe pijat! Sayangnya aplikasi ini baru bisa dinikmati di Jatinagor.

4. UrbanIndo
IDN TIMES

Dari namanya terlintas seperti urban = urbanisasi (Orang desa pindah ke kota) Indo = Indonesia. Hmm gitu gak sih?? Menurut anda gimana?? Hmm.. Terlepas dari namanya aplikasi ini sangat cocok untuk semua kalangan dari mahasiswa, pekerja, suami-istri juga bisa. Kenapa?? Karena menyediakan kosan, rumah, apartemen, hingga kantor juga bisaa...! Wah...

Kerennya lagi aplikasi ini juga menyediakan kalkulator untuk menghitung KPR dari poperty yang mau disewa atau bahkan beli! Sungguh keren sekalii..

5. KosKost
IDN TIMES

Aplikasi ini menyediakan berbagai informasi tentang kosan mulai dari harga, fasilitas, alamat, kontak pemilik kos. Ada map-nya juga! Aplikasi ini sangat cocok untuk anda yang sedang atau akan tinggal Jabodetabek. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur kosan favorit untuk jadi kos pilihan anda. Itu berarti.. Anda juga bisa melihat kosan terfavorit! Eh, gitu gak sih..

6. KostHERO

Aplikasi ini jangkauannya lebih luas, yaitu Indonesia, Malaysia dan Singapura! WOW. Aplikasi ini bagaikan HERO dia mengerti sekali keinginan konsumennya. Karenanya telah menyediakan fitur chat antara pemilik dan customer. 

7. MamiKos
IDN TIMES

Widih. Namanya agak gimana gitu ya. Rasanya lebih akrab gitu ya. MamiKos adalah aplikasi yang yahut banget menyediakan informasi mengenai seluruh kosan di Indonesia. 

Informasi yang disajikan juga lengkap. Mulai dari harga, fasilitas, kontak pemilik kosan bahkan ada Map-nya juga loh!

8. INFOKOST
IDN TIMES

Menawarkan info detail terkait kos seperti fasilitas, harga, alamat,  dan lainnya. Aplikasi ini dapat digunakan di sekitar Jabodetabek dan juga dapat mencari informasi property di Bali, surabaya, Malang, Semarang, Yogyakarta, Medan, dan Palembang.

Buat yang mau nyari kos, apartemen ataupun sewa rumah, selamat mencari tempat tinggal baru ya... Semoga bisa nyari yang cocok dan betah di tempat barunya.. Buat yang sudah berpengalaman nyari dan tinggal di kosan ataupun sewa apartemen dan rumah boleh dong ceritain pengalamanya... ^__^


Sumber :

4 comments:

  1. arrruuum, atur gambarnya. ukuran halaman postingannya diaturr. biar enak lihatnya

    ReplyDelete
  2. wkwkwkwk rummm, seketika gue jadi inget pas nebeng di kosan looooooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada juga yang bisa diinget. 😅

      Setelah kak Vina ke Malang untuk yang ke 2 sudah pindah ke kos baru lagi loh.. 😅

      Delete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar dengan kata-kata yang baik ^_^