Sunday 11 September 2016

Turen Ketiban Duren

Iseng-iseng seneng aku sama Anita pengen ke Turen. Ngapain?? ke Masjid laah. Perempuan sholehaa.. Bilang aja mau wisata, sholeha kok bilang. Pamer tu namanyaa..!

Ke-Okee, waktu itu kami kesini karena dalam rangka menenangkan fikiran di bulan Ramadhan. Nah! daripada keluyuran gak jelas mending ke Masjid. Bener gak?? anggap aja bener lah ya. 

Masjid Turen adalah Masjid Tiban karena muncul dengan sendirinya. Subhannallaahh.. Turen ketiban duren, bisa-bisanya ada jin bikin masjid megah di Turen. Ternyata eeh ternyataa.. Masjid ini dibangun oleh para santri dan warga sekitar. Untuk selengkapnya bisa dibaca sini. Masjid Turen terletak di Jalan KH Wahid Hasyim, Gang Anyar, RT 27, RW 06, Desa Sanarejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

Sebenernya kami pada waktu itu belum pernah kesana. Hanya modal seperagkat motor dan dompet kami nekat berangkat. Dari kosan sekitar pukul 2 pm, lagi panas-panasnya, tenggorokan juga lagi kering-keringnya. Sebenernya juga aku lagi gak puasa. Tapi ya sungkan juga minum dan makan di depan orang puasa. Kalo buat orang puasa batal kan akunya juga yang dosa. Sepakat! Aku seperti orang puasa tapi tak berpahala. Sebenernya rugi sih, toh ntar aku juga bayar puasa. Tak apalah, menghargai orang kan juga pahala. heleeh...

Si Anita yang nyetir dan aku melototin Hp, GPSan. Sempet nyasar juga, gegara GPSnya error. Sampe di perkampungan sepi lagi. Allohuakbaar....!! Kami tak percaya GPS, lebih baik tanya warga. Ternyata nyasarnya lumayan jauh, terus katanya ibu-ibu lebih baik lewat kebun tebu biar lebih deket. Perasaan camur aduk mengingat cerita cerita yang telah lalu. Lah kayak mau cerita mantan aja.  Bukann!! ini lebih seraamm. Ada Pembegalan. Serem bangeet kan?? Belum lagi masa katanya ada pemerkosaan di kebun tebu?? Lah! ya iyalaah...! namanya juga pemerkosaan bukan pembookingan. Di Booking mah enak, setidaknya dihotel dan dibayar. Ini apaan?? diantara pohon tebu yang daunnya bisa bikin gatel dan sembret-sembret. LUPAKAN.

Sepanjang jalan kenangan perkebnan tebu kami terus memanjatkan do'a untuk sang Illahi. SELAMATKAN KAMI, KAMI MANUSIA LANGKA. Disini cuma aku dan Anita yang cantik, sisanya pohon tebu. Setiap ada orang lewat bersyukur banget. Kami takut kesepian. EEh maksudnya kami takut kalo jalanan terlalu sepi. Waktu ngeliat jalan raya, kami legaaa banget. Selega melepaskan kentut yang tertahan selama 2 minggu. Asli! padahal belum sampe juga tempatnya.

Setelah melewati perjalanan panjang yang berliku. Akhirnya sampai juga di Masjid Turen. Alhamdulillah ya Alloh. Subhannallaaaahh.... bangunannya keren, Asli! dari luar keliatan Megah banget. Terpesona ngeliatnya.

Subhannallaah yaa......





Bukan cuman di luar, ternyata didalam Masjid jauuh lebih indah. Ada aquarium, toilet (jelaslah), kolam buat mandi santri wati dan santri putra. Dipisah loh kolamnya.. ya Iyalah.. ada tempat istirahat santri dan masih banyak lagi, namanya juga Pesantren-Masjid.

 Ada juga galeri photonyaa... 



Setelah melihat beberapa galeri photo disambut dengan ruangan yang penuh dengan aquarium yang ikannya macem macem. 

Lalu kami penasaran untuk melihat ruangan lainnya. setalah menapaki tangga yang lumayan gelap atau kurang pencahayaan. Kami melihat tempat ibadah, dan ada juga singasana disebrang tempat ibadah itu. Pada lantai 2 hingga lantai 6 ruangannya sungguh indah sekali, banyak ukiran yang menarik di dinding-dindingnya. Rasanya tak bisa berhenti mengucap Subhannallaahh......





 Sayang sekali diruangannya banyak yang kurang penerangan.



di Latai 7 dan 8 kami menemukan sejumlah kios kios yang dijaga para santri yang menjual perlengkapan sholat, makanan ringan ataupun sejenisnya.


 Entah di Lantai berapa ini ngeliat batu gedeee buangeet....!!

Di atas masjid juga ada kebunnya loh..

 Taman kecilnya bagus ya diliat dari atas.. wiihh...

Di Lantai 9 dan 10 aku lihat pemandangan yang keren banget! sayang sih gak difoto. Gegara buru buru mau nyari tempat buat buka puasaa...

Udah dulu yaa.. sampai jumpa lagi.. makasih udah mampir ^__^

31 comments:

  1. Ceritanya mengharukan Rum. Alhamdulillah ya untung di kebun tebu gak dibegal, gak ada begal.

    Aih kebunya bagus banget dilihat dari atas.
    Masjidnya bagus, Masyaallah indah banget. apalagi perempuan yang lagi duduk, perempuan jibab hitam baju merah boleh taaruf gak ya, Subhananllah. hahaaaa..*apaanlah ini koment.

    itu batu segede itu ada diatas?? batu apa itu rum?
    Turen nama daerah tah, kirain apaan. Turen, Duren beda huruf depan.

    emang ya kadang gps juga bisa gak bener, pernah juga pake gps malah nyasar aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Alhamdulillah gak ada begal.

      Bagus banget!! Eh, ya Allah.. makasih :)

      Gak tau batu apaan..

      Iya, mirip banget. Nget.

      Wah, gps ni emang.. ckckckkk

      Delete
  2. Penasaran banget masuk sini. Beneran 10 tingkat itu? Dari luar nggak kayak gedung tinggi. Apa ruangannya dipakai buat shalat semua? Buat bersih-bersih pasti juga butuh banyak orang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa kesana yaa..

      Iya, dalamnya yang banyak sekatnya.

      Gedungnya ban ruangannya. Itu semacam masjid - pesantren - wisata

      Delete
  3. wehhhh gilaakkk akristekturnya bagus bangettt yaa, awal baca judul nya dan sampai ngeliat gabarnya, gue ga nyangka kalo masjidnya kek gitu..kaya ada nuansa cina cina gitu yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, subhanallah banget. Iya, ada guci gucinya juga. Keren deh pokoknya :)

      Delete
  4. Komentar ini akan diawali dengan kalimat Subhanallah. Keren dan bikin merinding kalo ngeliat masjid-masjid besar.

    ReplyDelete
  5. pertama-tama salam kenal dulu mba, saya baru mampir di blog ini salam persahabatan ya

    ReplyDelete
  6. kalo saya sih gak begitu takjub melihat masjid mewah, tapi saya takjub jika ada masjid ketika shalat berjamaah makmumnya buanyak banget.

    sekarang kan banyak tuh neng masjid semewah megah tapi waktu shalat yang berjamaah hanya 2 ekor sajah. miris gak sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaa bener bangeet

      tapi kalo bagus gedungnnya juga kagum gituu

      Delete
  7. Emang terkenal bagus itu masjid, kapan kapan mau kesitu ah, mumpung jadi arek malang ini wkk. jauh ga sih itu dari sekitar UB

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiii selamat udah jadi mahasiswi dan anak kosan

      jauh sekitar sejam..

      Delete
  8. Keren banget ya Mesjid Turen. wah jadi pengen berkunjung kesana...

    Oiya aku suka kata-kata "SELAMATKAN KAMI, KAMI MANUSIA LANGKA" Wkwakawkwk lucu kata2nya...

    ReplyDelete
  9. Walah, rumahku deket tapi malah belom pernah ke sono hehehe

    ReplyDelete
  10. Masjidnya bagus banget. Masya Allah..

    ReplyDelete
  11. Masjid turen salah satu masjid bagus di Indonesia...

    ReplyDelete
  12. Nah ini... kemarin mampir kesini juga, pas pertama ngelangkah masuk adem bangetttt dalamnya, mungkin krna pengaruh cuaca dan di dalamnya juga banyak aquarium kali ya hha

    Sempat mau nyasar jga pas keasikan puter puter hmm... -..-

    anu sembret apaan sih itu artinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sangat sejuk, :)

      Iya, katanya kalo kesana harus sama temen sih kalo gak takut nyasar..

      sembret itu maksudnya ke garis, gitulah kira-kira..

      Delete
  13. Pas liat kata Turen, gue pikir turis keren ketiban duren ahahahhakkk ternyata itu nama tempat yak.. duh malu saia... -_-
    Bagus banget bangunannya. Artistik bangeeeeet. Pengen ke sana..... >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nama tempat di Jawa Timur. :)

      Iya, subhannallah banget! :)

      Delete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar dengan kata-kata yang baik ^_^