Laman

Thursday, 5 March 2015

Gelar Cipta Boga

Welcome to special day ...!! ^_^


9 November 2014 Adalah hari yang special dalam hidupku. Tentu saja bukan hari pernikahanku. Yaiyalah mo nikah sama siapa? Calon juga belum punya. Sama pacar orang mungkin (?). Jangan sampe dah ntar dikira aku jahat meskipun sebenarnya iya #ngelantur. 

Okee jawabanya adalah hari diamana aku melaksanakan Gelar Cipta Boga (GCB). Sudah berbulan-bulan yang lalu kami mahasiswa S1 Pendidikan Tata Boga angkatan 2011 dan D3 Tata Boga angkatan 2012 mempersiapkan acara yang istimewa ini dengan tema “Kreasi Pangan Lokal”.

Sebagaimana yang kita ketahui Indonesia memiliki beragam kekayaan alam yang melimpah termasuk rempah-rempah dan tumbuh-tumbuhannya. Oleh karena itu kami mengolah bahan pangan local menjadi aneka produk baru yang memiliki nilai jual tinggi. Mahasiswa D3 Tata Boga 2012 membuat produk inovasi baru dengan bahan Tortilla Jiringa, Fettuccine Guava, Melojena Nugget, Pia Oven Sirsak, dan lain-lain. Mahasiswa S1 Pendidikan Tata Boga membuat inovasi makanan Appetizer, Entrée, Main Course, dan Dessert.
Bahan pangan yang digunakan yaitu apel, beluntas, carica, jambu biji, jantung pisang, jengkol, kedondong, lamtoro, lidah buaya, pare, salak, simbukan, sirsak, siwalan, dan terong gelatik.

Gelar Cipta Boga 2014 yang bertema “Kreasi Bahan Pangan Lokal” diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan menambah wawasan baru kepada masyarakat tentang pengolahan bahan pangan local. Oke, kapan-kapan kalo inget ku bagi deh resepnya ^_^

Pada awalnya sih, acaranya bertempat di gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, berhubung ditempati sebuah acara lain, yaa batal deh. Akhirnya di gelar di Hotel Gajahmada, Malang. Sebenarnya sih ngundangnya chef Juna. Dambaan para wanita. Hanya karena beliau ada acara di sebuah stasiun tv dibatalin deh.
Dengan terpaksa dan sangat senang hati, kami sepakat untuk mengundang chef Arnold Purnomo. Sebuah nama yang unik, antara ke bule-buean dan kejawen. Kereen! Arnold, melambangkan cakep ke bule-bulean. Dan Purnomo, wajahnya bulat seperti bulan purnama. Muda, ganteng, dan berbakat #ehem.

Diem aje ganteng cuy :3

Dalam acara ini aku buat Siwalan Schotel Steam. Schotel adalah salah satu contoh dari hidangan entrée berbahan dasar siwalan, yang memiliki tekstur lembut. Ni dia wujudnya!

Siwalan Schotel Steam

Sayangnya chef Arnold gak nyicipin. Kecewa sih iya, sampe dalem hati bilang “gak papa gak nyicipin masakan ku sekarang, tapi nanti bakal makan masakanku tiap hari”. Seketika itu juga mikir kalo suami pintar masak terus aku ngapain?! Horee… Tinggal nyiapin piring! #ngaco. Astaghfirullah! Sadar diri deh. Aku siapa.. siapaaa... mendadak lupa ingatan.

Lalu diakhir acara kita foto bareng ama chef Arnold. Alhamdulillahnya sih dapet tempat samping sebelah kiri pas (?). Maunya sih aku crop biar kelihatan kaya foto keluarga. Tapi setelah ku piker-pikir gak jadi dah! Daripada ntar dihantam masa.

Keluarga besar !! :D

Akhir kata mohon maaf jika ada kesalahan. Semoga bermanfaat dan see you next time…..

11 comments:

  1. Horeee pertamax lagi witwiw... hehehe :)

    ReplyDelete
  2. Ehem chef arnold, hahahahaha, nyicipin masakan setiap hari ya, hehe,, dik jurusan tata boga itu ke depannya jadi chef gitu ya dik? mantap tuh ya.. saat foto bersama juga inginnya deket-deket sama chef arnold purnomo tuh ya, witwiw.. hehehehehehehehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong kak. Berharapnya sih gitu hahaha...
      Iya kak, bisa jadi chef, guru ataupun pengusaha juga Okee.. hehehe
      Iya, aku pepetin kak chef Arnoldnya Hahahaa #ngayal

      Delete
  3. Replies
    1. Yahuuu... Do'ain biar bisa live di tv hahaha

      Delete
  4. tuh calonnya ada di depan. hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Depan apa? Depan maksudnya aku ya... hihihi

      Delete
  5. 2014 apa 2015 nih acaranya sis? Duh tuh abang arnold kok gemukan ya...
    Dia cakep tp lebih oke juna deh kayaknya :D
    #cowo ganteng pilihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2014, tahun kemarin kak hehehe

      Iya juna mah jam terbangnya lebih tinggi jadi gak bisa dateng.. hehehe

      Delete
  6. weh, saya malah tertarik pingin nyobain semua masakannya deh. nggak penting artis mana atau chef mana yang dateg. yang penting nyicip

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar dengan kata-kata yang baik ^_^